Nisfi, Ainun (2021) Hubungan self confidence dengan Prestasi belajar bahasa inggris pada siswa kelas X dan XI di MAN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16410069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Perlu diketahui bahwasannya mata pelajaran bahasa inggris merupakan mata pelajaran dasar yang sangat penting dan harus dikuasai jika berada dijurusan Bahasa. Sebagaimana kita ketahui, kemampuan dasar dalam mata pelajaran bahasa inggris sangat diperlukan untuk siswa-siswi yang berada dijurusan bahasa. Namun, kenyataannya dilapangan hampir 50% siswa-siswi dikelas X dan XI Bahasa MAN 1 Malang tidak dapat memenuhi nilai sesuai target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan pihak sekolah. Yakni nilai 75 Prestasi belajat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor intern, dan self confidence merupakan salah satunya faktor internal yang dapat memengaruhi prestasi belajar peserta didik. Self confidence dalam diri peserta didik menjadi hal yang penting karena dapat mendorong ia menuju keberhasilan sehingga dapat mengembangkan bakat, minat, serta prestasi belajarnya.
Dari pemaparan diatas, maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat self confidence dan prestasi belajar siswa, serta hubungan Self confidence terhadap prestasi belajar bahasa inggris siswa kelas X dan XI Bahasa di MAN 1 Malang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara self confidence terhadap prestasi belajar bahasa inggris.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Dikarenakan populasi kurang dari 100 orang, maka peneliti melakukan pengambilan sampel secara total sampling. sampel diambil dari keseluruhan populasi dengan jumlah responden sebanyak 62 orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu self confidence dan prestasi belajar bahasa inggris. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data menggunakan skala self confidence yang terdiri dari 38 aitem dengan melihat aspek-aspek self confidence yakni keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, dan rasional.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat self confidence berada pada kategori sedang dengan tingkat prosentase sebesar 54,8% dan pada prestasi belajar bahasa inggris berada pada kategori sedang juga dengan tingkat prosentase sebesar 64,5%. Hasilnya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence dengan prestasi belajar bahasa inggris. Berdasarkan hasil perhitungan statistic product moment menunjukkan (rxy=0,431; sig=0,000 < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence terhadap prestasi belajar bahasa inggris dengan prosentase sebesar 43,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
ENGLISH:
English is an important and basic lesson which have to be mastered by students of Language Program. Even is English very important, but in the reality almost 50% of 10th and 11th Grade Students of Language Program at State Islamic Senior High School 1 Malang are unable to reach the minimum score for English lesson, that is 75. Learning Achievement is influenced by some factors, one of those factors is self confidence. Self confidence is an important thing for each student. Self confidence will help student to improve their skill and learning achievement to reach their success.
Based on the description, the purpose of this research is to find the level of self confidence and English learning achievement and to find the correlation between self confidence and English learning achievement in 10th and 11th Grade Students of Language Program at State Islamic Senior High School 1 Malang. The hypothesis of this research is there is a significant correlation between self confidence and English learning achievement.
This research uses a quantitative approach. Sampling technique with total sampling which used the entire of population with 62 respondents. There are two variables in this research those are self confidence and English learning achievement. The scale used for self confidence is composed by 38 items based on the aspects of self confidence.
The result on analysis process show that the level of self confidence is at the medium category with 54,8% and English learning achievement is at the medium category with 64,5%. The hypothesis test result show that there is a significant correlation between self confidence and English learning achievement. The precentage of correlation is 43,1% with 0,000 (p < 0,05) significance score.
ARABIC :
اللغة الإنجليزية هي درس مهم و أساسي يجب أن يتقنه طلبة قسم اللغة، ولكن في الواقع، فإن ما يقرب من 50 % من الطلبة الصف العاشر و الحادي عشر قسم اللغة في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى مالانج غير قادرين على الوصول إلى الحد الأدنى من الدرجات لدرس اللغة الإنجليزية. أن 75 يتأثر التحصيل التعليمي ببعض العوامل، أحد هذه العوامل هو الثقة بالنفس. الثقة بالنفس شيئ مهم لكل طلبة. ستساعد الثقة بالنفس طلبة على تحسين مهاراتهم و تحصيلهم التعليمي للوصول إلى نجاحهم.
استنادا على وصف البيانات، فإن الغرض من هذا البحث هو معرفة العثور على مستوى الثقة بالنفس و تحصيل تعلم اللغة الإنجليزية و إيجاد العلاقة بين الثقة بالنفس و تحصيل تعلم اللغة الإنجليزية طلبة الصف العاشر و الحادي عشر من قسم اللغة في مدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى مالانج. ففرضية هذا البحث أن هناك علاقة بين الثقة بالنفس و تحصيل تعلم اللغة الإنجليزية.
تستخدم الباحثة هذا البحث نهجا كميا و أسلوب العينات الإجمالية مع 62مستجيبا. هناك متغيرين هما الثقة بالنفس و تحصيل تعلم اللغة الإنجليزية. و يتكون المقياس المستخدم للثقة بالنفس من 38 عنصرا.
بناء على نتيجة عملية التحليل أن مستوى الثقة بالنفس هو في الفئة المتوسطة بنسبة ٣٤،٨% و تحصيل تعلم اللغة الإنجليزية في الفئة المتوسطة بنسبة ٦٤،٥% أما نتيجة اختبار الفرضية أن هناك علاقة ارتباط معنوية بين الثقة بالنفس و تحصيل تعلم اللغة الإنجليزية. النسبة المئوية للارتباط هي مع ٤٣،١% درجة أهمية.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Self Confidence; Prestasi Belajar; Siswa | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Ainun Nisfi | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2021 10:07 | ||||||
Last Modified: | 02 Nov 2021 10:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/26803 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |