Hamzah, Aswizam (2020) Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap peduli lingkungan peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VIII A MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pentingnya pendidikan karakter tidak lepas dari munculnya beberapa fenomena sosial yang sedang terjadi saat ini, yang ditunjukan dengan perilaku yang tidak berkarakter serta ada gejala-gejala yang menandakan tergerusnya karakter sebuah bangsa. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk karakter dan budaya bangsa. Pendidikan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan manusia. Pendidikan karakter secara sederhana dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik guna mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk sikap peduli lingkungan peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VIII A MTs Al-ittihad Poncokusumo Malang dan juga memahami bagaimana cara evaluasi terhadap implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap peduli lingkungan peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VIII A.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini akan digali dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran IPS, siswa-siswa dari MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : (1) proses pelaksanakan pendidikan karakter dalam membentuk sikap peduli lingkungan peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VIII A MTs Al-ittihad Poncokusumo dilakukan dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan pada setiap pembelajaran IPS berlangsung dan juga ketika berada di lingkungan sekolah seperti pembiasaan LISA (lihat sampah ambil) ketika berada dalam lingkungan sekolah, dan membersihkan kelas terlebih dahulu sebelum pembelajaran IPS dilangsungkan. (2) Evaluasi terhadap implementasi pendidikan karakter yang digunakan oleh sekolah dilaksanakan 3 bulan sekali oleh para guru dan juga kepala sekolah, dan juga dilaksanakan setiap semesternya.
ENGLISH:
The importance of character education can not be separated from the emergence of several ongoing social phenomena, which are shown by characterless behavior and the presence of symptoms that indicate the erosion of the character of a nation. Education is crucial informing the character and the culture of the nations. Education serves to improve human abilities. Character education can be simply defined as value education, character education, moral education, character education which aims to develop the ability of students to realize goodness in everyday life.
This study aimed to know how the process of implementing character education in forming an environmental care attitude of students through social studies in VIIIA class of MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang and also to understand how to evaluate the implementing of character education in forming an environmental care attitude of students through social studies in VIII A class.
This research is a qualitative research and the method used is descriptive method. The data in this study will be extracted from the principal of madrasah, assisstant principal of academic, social studies subject teachers, students from MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. The technique of this study is collected data by observation, interview and documentation.
The result of the study conducted by researcher are: (1) The process of implementing character education in forming an environmental care attitude of students through social studies in VIII A class of MTs Al-Ittihad Pocokusumo carried out by doing habituation in every social studies lesson and also doing LISA (Lihat Sampah Ambil) habituation during in school and clean the class before social studies lesson begin. (2) The evaluation of implementing character education used by the school every 3 months by the teachers and also the principal, and carried out in each semester.
ARABIC:
والتربية هي أهم شئ في تحنن الشخصية و الحضارة أو الثقافة الوطنية. وظيفة التربية لإرتفاعي قدرة الإنسان. تربية الشخصية تربية القيمة والأخلاق الكريمة لتطوير كفائة التلاميذ و لتكون الخير والمنفعة في أيام الناس بالإخلاص قلوبهم.
يهدف هذا البحث لمعرفة كيف عملية التربية الشخصية في تأسيس يهتم بالبيئة التلاميذ من خلال تعليم العلوم الإجتماعي في فصل الثامن (أ) المدرسة المتوسطة الإسلامية الإتحاد فنجوكسما مالانج ولفهم أسلوب تقويم تطبيق التربية الشخصية في تأسيس يتحنن على البيئة التلاميذ من خلال تعليم العلوم الإجتماعي في فصل الثامن(أ).
هذا البحث بحث نوعي والطريقة المستخدمة منهج وصفي. سيتم استخراج البيانات الواردة في هذه الدراسة من مدير المدرسة ، ومنهج واكا ، ومعلمي مادة الدراسات الاجتماعية ، وطلاب من المدرسة المتوسطة الاسلامية الإتحاد فنجوكسما مالانج . ويستخدم هذا البحث المنهج النوعي وجمع البيانات بالتثليث وأسلوب جمع البيانات بالملاحظة ومقابلة والوثائق.
أما نتائج هذا البحث هي : 1) عملية التربية الشخصية في تأسيس يتحنن على البيئة التلاميذ بتعليم العلوم الإجتماعي في فصل الثامن (أ) المدرسة المتوسطة الإسلامية الإتحاد فنجوكسما مالانج بأسلوب دأب لوجود عادة في كل عملية تعليم العلوم الإجتماعي و عند يمكث في بيئة المدرسة و ينظف الفصل اولا فبل التعليم. 2) تستخدم تقويم تطبيق التربية الشخصية في المدرسة في
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan karakter; sikap peduli lingkungan; pembelajaran IPS; character education; environmental care attitude; social studies learning; التربية الشخصية، الإهتمام بالبيئة، تعليم العلوم الإجتماعي | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | aswizam hamzah | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2020 14:21 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2020 14:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/23194 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |