Fernanda, Dhimas Bayu (2020) Pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pengguna e-money: Study pada nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Soekarno-Hatta Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18540062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan teknologi modern saat ini berkembang begitu pesat yang disertai dengan berbagai inovasi. Saat ini teknologi tidak hanya menguasai bidang komunikasi saja, melainkan telah mulai masuk dan merambah dalam bidang bisnis, pembelanjaan, transportasi dan sistem pembayaran (perbankan). Adanya kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran dapat memudahkan dalam melakukan kegiatan pembayaran sehingga tidak perlu lagi datang dan mengeluarkan uang tunai, melainkan dapat dilakukan dengan mengakses teknologi yang tersedia dapat berupa e-money maupun e-wallet. Nasabah dalam melakukan Keputusan Pembelian akan melewati sebuah proses yaitu proses Keputusan Pembelian. Menurut Kotler & Armstrong (2008:179) proses keputusan pembeli terdiri dari lima tahap: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, Keputusan Pembelian, dan perilaku pasca pembelian.
Dalam dunia perbankan syariah dan sistem pembayaran elektronik (e-money) kepercayaan merupakan suatu pondasi dalam sebuah proses bisnis. Suatu transaksi antara dua pihak atau lebih akan terjadi apabila kedua belah pihak saling mempercayai. Kepercayaan dalam sebuah bisnis tidak dapat muncul secara instan, melainkan harus dibangun sejak awal sebuah bisnis berdiri (Hendrata et.al., 2013).Dalam memperoleh Kepercayaan dari para nasabah maka diperlukan Citra merek yang baik. Brand merupakan hal yang sangat penting baik bagi nasabah maupun bagi pihak bank. Brand juga membantu meyakinkan nasabah, bahwa mereka akan mendapatkan kualitas yang konsisten setiap kali memilih brand tersebut saat melakukan transaksi. Citra Merek adalah seperangkat keyakinan konsumen mengenai brand tertentu (Kotler & Amstrong, 2001: 225).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Soekarno-Hatta, Kota Malang yang menggunakan e-money. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel Citra merek dan Kepercayaan secara simultan positif dan significant terhadap Keputusan Pembelian, terdapat pengaruh variabel Citra merek dan Kepercayaan secara parsial positif dan significant terhadap Keputusan Pembelian dan pengaruh variabel Citra merek memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian.
ENGLISH:
The development of modern technology is currently developing so rapidly accompanied by various innovations. Currently technology is not only mastering the field of communication, but has begun to enter and penetrate the fields of business, spending, transportation and payment systems (banking). The existence of technological advances in the payment system can facilitate the payment activities so that there is no need to come and spend cash, but can be done by accessing available technology can be in the form of e-money or e-wallet. The Customer in making a Purchase Decision will go through a process namely the Purchase Decision process. According to Kotler & Armstrong (2008: 179) the buyer's decision process consists of five stages: introduction of needs, information search, alternative evaluation, purchase decision, and post-purchase behavior.
In the world of Islamic banking and electronic payment systems (e-money) trust is a foundation in a business process. A transaction between two or more parties will occur if both parties trust each other. Trust in a business cannot appear instantly, but must be built from the beginning of a business standing (Hendrata et.al., 2013). In obtaining trust from customers, a good brand image is needed. Brand is very important for both the customer and the bank. Brands also help convince customers that they will get consistent quality every time they choose the brand when making a transaction. Brand image is a set of consumer beliefs about a particular brand (Kotler & Armstrong, 2001: 225).
This study aims to determine how much influence Brand Image and Trust on Purchasing Decisions. This type of research is quantitative research using descriptive and explanatory approaches. The population in this study are customers of Bank Syariah Mandiri KCP Soekarno-Hatta, Malang City who use e-money. The sample in this study amounted to 80 respondents using purposive sampling technique. The results of this study indicate that there is a significant positive and significant effect of brand image and trust simultaneously on purchasing decisions, there is a significant positive and significant influence of brand image and trust on purchase decisions and the influence of brand image variables has a dominant influence on purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Firmansyah, Fani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | E-Money; Brand Image; Trust dan Purchase Decision; E-Money; Citra Merek; Kepercayaan dan Keputusan Pembelian | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Dhimas Bayu Fernanda | ||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2020 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2020 18:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19031 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |