Ridlo, Achmad Ainur (2019) Implementasi metode Al-Miftah dalam membaca Kitab Kuning di SMPIT Daar El-Qur’an Pakis Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia, karena menjadi kebutuhan setiap orang untuk memajukan peradaban dalam mengembangkan generasi yang mampu berbuat banyak bagi kepentingan mereka. Adalah mengejutkan ketika yang muncul adalah konsep-konsep “sekolah Islam plus”, bukan revitalisasi madrasah. Model pembelajaran yang sudah banyak mengadopsi trend model pembelajaran global (metode quantum dan school is fun) cukup menjadi daya tarik. Hal-nya madrasah tidak terlepas dari kitab kuning dan metodenya. Maka dari hal ini diharapkan SMP Islam Terpadu mampu mengembangkan siswa supaya mampu dalam membaca kitab kuning dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui Implementasi metode Al-Miftah di SMPIT Daar El-Qur’an Pakis Kabupaten Malang; (2) Untuk Mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses implementasi metode Al-Miftah di SMPIT Daar El-Qur’an Pakis Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tiga 3 teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualiatif yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi/menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Implementasi Metode Al-Miftah dalam membaca kitab kuning di SMPIT Daar El-Qur’an Pakis Kabupaten Malang telah sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat didalam buku setiap jilidnya yaitu: (a). Pembukaan, (b). Apersepsi, (c). Penyampaian materi, (d). Pemahaman materi, (e). Latihan, (f). Evaluasi, (g). Penutup. (2). Hambatan-Hambatan yang terjadi dalam proses implementasi metodenya adalah: (a). Keterbatasan waktu, (b). Lingkungan, (c). Tathbiq Penerapan.
ENGLISH:
Education is important in human life,because it becomes a human daily need for increasing their culture and for the next generation. Surprisingly that it appears “ Islamic Plus School Concept“ not a Revitalitation of Islamic School . Many learning models that adapted Global Learning Model (quantum model and school is fun) is very attractive enough. Like Islamic School is not free from Kitab Kuning dan its method. So it is expected that Integrated Islamic School of Yunior High School will be able to develop student to have capability in reading kitab kuning well.
The objective of problem formulation are : (1).to know the Al Miftah Method Implementation in SMPIT Daar El Qur’an Pakis Malang; (2) to find out the obstacles in the Al Miftah Method Implementation Process in SMPIT Daar El Qur’an Pakis Malang.
This research use descriptive qualitative approach and it’s done in three data collection techniques,they are : observation,interview,and documentation. Further,it use qualitative analyze including data reduction, data display, and verification or conclusion.
The result of this research shows that (1) The Al Miftah Method Implementation in SMPIT Daar El Qur’an Pakis Malang is appropriate to the steps/procedures stated in every book in every chapther and volume that are: (a).Opening, (b).Apperception, (c).Material Delivery, (d).Material Understanding,(e). Excercises, (f). Evaluation, (g). Closing. (2). The obstacles happened in method implementation process are: (a). Limited time, (b). Environment, (c). Tathbiq/Application
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Afwadzi, Benny | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Al-Miftah; Kitab Kuning; SMPIT Daar El-Qur’anMethode Al-Miftah; Kitab Kuning; SMPIT Daar El-Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rizal Fahlafi | ||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2020 12:21 | ||||||
Last Modified: | 24 Aug 2020 11:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16822 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |