Quraisyin, Putri Ayu (2019) Pengembangan media pembelajaran fiqih berbasis audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Indonesia:
Keberhasilan dalam sebuah proses belajar mengajar pada lembaga pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi peserta didik adalah motivasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendorong motivasi peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yaitu alat atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman siswa, dengan cara menyajikan data dengan menarik. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik adalah media audio visual. Karena media audio visual lebih menarik untuk pembelajaran.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk Menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran fiqih berbasis audio visual dan Menjelaskan peningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember. Dengan adanya media pembelajaran Audio visual dapat meningkatkan pemahaman pada siswa.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, hasil Pre-test dan Post-test, dan observasi. Data yang dihasilkan dianalisis secara kuantitatif dan deskriktif kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan media pembelajaran audio visual yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap. Yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji produk awal, revisi, uji coba lapangan, revisi, dan uji lapangan. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yaitu terjadi peningkatan sebesar 8,29% dari 79,94% (sebelum pembelajaran menggunakan media) dan meningkat menjadi 88,23% (sesudah menggunakan media). Angka tersebut jika dikonversikan dengan tabel konversi skala tingkat motivasi belajar siswa, tingkat pecapaian 88,23% berada pada kualifikasi sangat tinggi.
English:
Success of teaching and learning process in an educational institution can be seen from the students’ learning achievements. One of the factors that can influence students’ achievements is motivation. The motivation of students can be encouraged by using the learning media. Learning media are tools or forms of stimulus that function to convey learning messages. Besides to encourage their motivation and their interest, learning media also can help them to improve their understanding by presenting the data interestingly. One type of the learning media is audio visual. Audio visual media can make students interested in learning.
This research aims to explain the process of the development of fiqh learning media based on audio visual and to explain the improvement of students’ learning motivation of class X in MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember.Learning media of Audio visual can increase the students’ understanding.
The research method used by researchers was Research and Development (R&D) with a model developed by Borg and Gall. Data collection techniques used a questionnaire, the results of pre-test and post-test and observation. Thenthe data were analyzed quantitatively and qualitatively descriptive.
This resultshows that: (1) The process of the development of fiqh learning media based on audio visualthrough several stages. The stages are research and data collection, planning, initial product format development, initial product testing, revision, field trial, revision, and field trial. (2) There is improvement of students' motivation. It can be seen that there is an increasing of 8.29% from 79.94% (before learning by using the media) to 88.23% (after learning by using the media). This figure is converted to a conversion table on the scale of students' motivation level of 88.23%, it meansthe achievement level is a very high qualification.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Materi Fiqih; Audio Visual; Motivasi Belajar; Learning Media; Fiqh Materials; Audio Visual; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fatih Fatih | ||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2020 11:50 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2020 11:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16818 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |