Maulani, Maghfira (2019) Perilaku kelompok NPC dalam Game petualangan Bahasa Arab menggunakan algoritma boids. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14650020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari kata bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Bahasa Arab menjadi bahasa yang diutamakan untuk di mengerti karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an dan bahasa yang di gunakan saat beribadah.
Sebelum memahami bahasa arab ditahapan yang lebih tinggi, alangkah baiknya untuk belajar kosa kata bahasa arabnya. Oleh karena itu penelitian ini mengambil tentang game pembelajaran bahasa arab dengan tahapan dasar yakni dengan menonjolkan belajar kosa kata bahasa arab. Game yang dibuat ini merupakan game petualangan dimana dalam game terdapat NPC yang perilakunya diatur oleh algoritma boids. Selain belajar kosakata bahasa arab, terdapat rintangan yang diberikan oleh boids tersebut. Pemain harus menghindari boids agar kesehatan permainan tetap terjaga.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa algoritma boids digunakan dalam game sebagai penghalang player. Dari hasil uji coba sebanyak 20 iterasi, penerapan boids berhasil karena tidak terjadi tabrakan antar boids. Kemudian uji coba dilakukan antara boids dan player untuk mengetahui tingkat kerumunan boids dalam menghalangi player dimana saat player tersentuh boids maka kesehatan player akan berkurang. Dari hasil uji coba sebanyak 5 kali dengan 15 macam variasi nilai jarak separation yang berbeda-beda menghasilkan total nilai rata-rata akhir sebesar 76,867%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin jauh jarak antar boids, maka semakin besar peluang player untuk lolos dari benturan boids dan semakin dekat jarak antar boids maka semakin kecil peluang player untuk lolos dari benturan.
ENGLISH:
According to the Big Indonesian Dictionary the meaning of the word language is a system of sound symbols used by members of a community to collaborate, interact, and identify themselves. Arabic language becomes the preferred language to be understood because the Arabic language is the language of the Qur'an and the language in use when praying.
Before understanding Arabic at a higher stage, it is good to learn the Arabic vocabulary. Therefore, this study is about learning Arabic language game with basic stage that brings out learn Arabic vocabulary. This game is an adventure game where there are NPCs whose behavior is governed by the boids algorithm. In addition to learning Arabic vocabulary, there are obstacles given by these boids. Players must avoid boids so that the health of the game is maintained.
The results of this study conclude that the boids algorithm is used in games as a player barrier. From the results of a trial of 20 iterations, the application of boids was successful because there were no collisions between boids. Then a training is conducted between the boids and the player to find out the crowd level of the boids in blocking the player where when the player is touched the boids the player's health will be reduced. The 5-time trial results with 15 different variations of separation distance values result in a total average value of 76.867%. Thus it can be concluded that the farther the distance between boids, the greater the player's chances of escaping the collision of the boids and the closer the distance between the boids, the smaller the player's chance to escape the collision.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Fatchurrochman, Fatchurrochman | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | bahasa arab; arabic; boids; flocking; | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Anisa Putri | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 10:18 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2020 10:18 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16696 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |