Fauziyyah, Zahratul (2019) Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas III SDN Merjosari 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media video pembelajaran ini didasarkan pada kenyataan bahwa keterampilan menyimak dan berbicara siswa masih kurang. Hal ini disebabkan karena keterbasan media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran terutama pada pelajaran tematik. Materi tematik yang diajarkan akan diambil dari beberapa subtema yang akan dijadikan satu dan diajarkan dengan tampilan yang berbeda. Dengan adanya pengembangan media video pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar dengan mudah.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan media video pembelajaran (2) Mendeskripsikan tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis video, dan (3) Mendeskripsikan efektifitas penggunaan media video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, hasil pre-test dan post-test, dan observasi. Data yang dihasilkan dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu, (1) proses pengembangan produk yang sudah dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini didapat melalui beberapa proses yaitu pembuatan produk, validasi produk, revisi, dan uji coba lapangan, (2) tingkat kevalidan media pembelajaran sebesar 85% dengan demikian media video pembelajaran termasuk kategori yang sangat valid, (3) tingkat keterampilan berbicara terbukti dari siswa yang antusias untuk menyampaikan isi materi didepan kelas dan keterampilan menyimak terbukti dari hasil pre-test yang semula mendapatkan hasil sebesar 62,25 kemudian pada hasil post-test meningkat menjadi 81,45.
ENGLISH:
The development of video based Learning Media is based on the fact that students ' listening and speaking skills are still less. This is due to the tracery of learning media in the delivery of the subject matter, especially in thematic lessons. The thematic material being taught will be taken from several subthemes that will be made one and taught with a different look. With the development of video-based learning media is expected to help students in learning easily.
The aim of this research and development is to: (1) Describe the development of video-based Learning Media, (2) Describe the level of validity of video-based Learning media, and (3) describe the effectiveness of media usage Video-based learning. The research methods used by researchers are research and Development (R & D) with models developed by Borg and Gall. Technical data collection in this research using poll, pre-test results and post-test, and observation. The resulting Data is analyzed quantitatively and qualitative descriptive.
The results of this research are, (1) The process of product development that has been produced from this research and development obtained through several processes namely product manufacture, product validation, revision, and field trials, (2) level of eligibility Media Learning by 85% thus video-based learning media including a very valid category, (3) Proven speaking skill level of students who are enthusiastic to convey the contents of the material in front of the class and listening skills Proved from pre-test results that originally received a result of 62.25 then the results of the post-test increased to 81.45.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media pembelajaran; video pembelajaran; tematik; keterampilan menyimak; keterampilan berbicara; media learning; video learning; listening skills; speaking skills | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Haya'ul Fatachi | ||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2020 13:14 | ||||||
Last Modified: | 23 Mar 2020 13:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16642 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |