Billah, Mohammad Fatih (2019) Metode pembelajaran tahfidz al-Qur'an di SMP Unggulan Al Hidayah Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110225.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Alquran adalah pedoman intisari dan sumber pokok ajaran Islam yang disampaikan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Kewajiban umat Islam adalah menaruh perhatian terhadap Alquran dengan membacanya, menghafalnya, dan menafsirkannya. pada tahun 2014 SMP Unggulan Al Hidayah menyelenggarakan progam pembelajaran tahfidz Alquran. Para siswa diwajibkan bisa membaca Alquran dengan baik dan benar dan menghafalnya. agar menjadi siswa insan Qurani di masa mendatang.
Tujuan Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana pelaksanaan program Tahfidz Alquran di SMP Unggulan Al Hidayah Tarik Sidoarjo. 2). Bagaimana Metode pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Alquran di SMP Unggulan AL Hidayah Tarik Sidoarjo. 3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengembangan pembelajaran Tahfidz Alquran di SMP Unggulan Al Hidayah Tarik Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif, kemudian data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati siswa dan wawancara dengan sumber data (data primer) yaitu kepala sekolah, guru pengampu, siswa, dokumentasi akan dianalisa dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana “Pengembangan Pembelajaran Tahfidz Alquran di SMP Unggulan Al Hidayah Tarik Sidoarjo”.
Dalam penelitian ini di ketahui bahwa : 1). Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Alquran diadakan setiap hari pada pagi hari. Dan dilaksanakan selama 40 menit dalam sekali pertemuan. Para siswa menghafalkan Alquran sendiri sendiri sebelum guru atau para pengajar memasuki ruangan, setelah para guru masuk di kelas masing masing, para siswa yang sudah siap dengan hafalannya maju satu persatu untuk menyetorkan hafalannya. Setelah semua siswa menyetorkan hafalannya langsung di tutup dengan doa ikhtitam Alquran, lalu guru dan siswa mempersiapkan pelajaran jam pertama. 2). Metode pelaksanaan Pengembangan Pembelajaran Tahfidz Alquran di SMP Unggulan AL Hidayah Tarik Sidoarjo, metode pengembangan pembelajaran Tahfidz di SMP Unggulan Al Hidayah Tarik Sidoarjo yakni : metode Takrir, metode bin Nadzar, metode sorogan, metode Tanfiz, metode Tasmi’. 3). Faktor pendukung dan penghambat pengembangan pembelajaran Tahfidz Alquran di SMP Unggulan Al Hidayah Tarik Sidoarjo, faktor pendukungnya yaitu minat siwa, orang tua, guru, masyarakat maupun lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu diri siswa sendiri dan kemauan siswa dengan orang tua yang tidak singkron.
ENGLISH:
The Qur'an is a guideline of essence and the main source of Islamic teachings that the Prophet Muhammad SAW delivered to his people. The obligation of Muslims is to pay attention to the Quran by reading it, memorizing it, and interpreting it. in 2014 the Al Hidayah Featured Middle School held a tahfidz Alquran learning program. Students are required to be able to read the Quran properly and memorize it. in order to become future students of the Quran.
The purpose of this research is to find out: 1). How is the implementation of the Tahfidz Alquran program in the Junior High School Al Hidayah Tarik Sidoarjo. 2). How is the implementation method of Tahfidz Quran Learning Development in AL Hidayah Tarik Junior High School Sidoarjo. 3). What are the supporting and inhibiting factors in the implementation of the development of Tahfidz Alquran learning in the Junior High School of Al Hidayah Tarik Sidoarjo.
This research uses the field research method (field research) which is presented descriptively qualitatively, then the data collected through field observations by observing students and interviewing data sources (primary data) ie principals, supporting teachers, students, documentation will be analyzed with descriptive qualitative approach to find out how "Development of Learning Tahfidz Alquran in Junior High School Al Hidayah Tarik Sidoarjo".
In this study it was found that: 1). The implementation of learning Tahfidz Alquran is held every day in the morning. And held for 40 minutes in one meeting. Students memorize the Quran themselves before the teacher or instructor enters the room, after the teachers enter their respective classes, students who are ready to memorize come forward one by one to deposit their memorization. After all students deposit their memorization immediately closed with the Ikhtitam Qur'an prayer, the teacher and students prepare the first hour lesson. 2). The method of implementing the Development of Learning Tahfidz Alquran in Junior High School AL Hidayah Tarik Sidoarjo, the method of developing Tahfidz learning in Junior High School Al Hidayah Tarik Sidoarjo namely: Takrir method, bin Nadzar method, sorogan method, Tanfiz method, Tasmi method. 3). Supporting and inhibiting factors in the development of learning Tahfidz Alquran in Junior High School Al Hidayah Tarik Sidoarjo, the supporting factors are the interests of students, parents, teachers, community and the surrounding environment. While the inhibiting factors are the students themselves and the willingness of students with parents who are not synchronous.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Afwadzi, Benny | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode; pembelajaran; tahfidz; method; learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2020 13:07 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2020 13:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16554 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |