Fadilah, Lailatul (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis website IPA materi gaya dan gerak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI IMAMI Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk kelas IV MI IMAMI Kepanjen ini merupakan pengembangan media yang membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi IPA gaya dan gerak. Pada media ini menyajikan gambaran konkret di lingkungan sekitar yang mengandung prinsip materi gaya dan gerak. Media ini menyajikan pembelajaran yang dilengkapi gambar, animasi, teks sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan serta dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) menghasilkan media pembelajaran berbasis website, 2) mengetahui tingkat kemenarikan media berbasis website, 3) mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and development yang mengacu pada model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis website gaya dan gerak dalam pembelajaran di kelas IV memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli desain mencapai 84%, praktisi pembelajaran 82%. Hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media dan tidak menggunakan media menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dapat dilihat pada kelas eksperimen dari 25 siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 19 siswa sedangkan pada kelas kontrol siswa yang tuntas atau mencapai KKM 6 siswa. Hasil uji t pada tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung ≥ ttabel yaitu 6,8 ≥ 2,01 artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan media pembelajaran dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat efektivitas yang tinggi, sehingga media pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Produk ini juga menarik dari segi desain, dan pengoperasian yang mudah, dapat digunakan sebagai pembelajaran mandiri bagi siswa.
ENGLISH:
Website-based media development for 4th grade of MI IMAMI Kepanjen is a media development that helps students to improve learning outcomes in style and motion science subject. In this media presents a concrete picture in the surrounding environment that contains the principles of force and motion material. This media presents learning that is equipped with pictures, animations, texts so that learning is more interesting and enjoyable and can facilitate students in understanding learning material. The purpose of this research is: (1.) To produce website-based learning media, (2.) Find out the level of attractiveness of website-based media, (3.) Find out the effect of using website-based media on improving student learning outcomes.
This type of development research is research and development that refers to Borg and Gall. Data collection techniques in this study used interviews, questionnaires, and learning achievement tests. The data obtained were analyzed using qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques.
The results of research on the development of learning media-based website style and motion in learning in grade 4 meet valid criteria with the result of the expert test material reaching a validity level of 80%, design experts reached 84%, and learning practitioners reached 82%. Student learning outcomes between classes using learning media and classes that do not using it indicate a difference. This can be seen in the experimental class of 25 students who completed or reached KKM of 19 students while in the control class of students who completed or reached KKM of 6 students. T test result in manual calculations with a significance level of 0,05, the results of T arithmetic ≥ T table that is 6,8 ≥ 2,01, means H0 is rejected and H1 accepted. So there are significant differences in learning outcomes between classes using learning media and classes that do not using it. This shows that the product developed has a high level effectiveness qualifications, so that learning media is appropriate for use in learning. This product is also attractive in terms of design, easy operational, and can be used as independent learning for students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media berbasis website; materi gaya dan gerak; hasil belajar siswa; website-based media; style and motion subject; student learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Haya'ul Fatachi | ||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2020 13:40 | ||||||
Last Modified: | 23 Mar 2020 13:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16552 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |