Purnomo, Fian Tri (2019) Implementasi pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah dalam mencegah perilaku bullying siswa di SMPN 2 Ngantang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110205.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Shalat merupakan ibadah yang akan membentuk seseorang menjadi berperilaku amar ma’ruf nahi munkar. Begitupun jika dilaksanakan secara berjama’ah akan tercipta lingkungan sosial yang baik. Jika shalat berjama’ah dibiasakan di sekolah akan membuat siswanya semakin akrab satu sama lain, tidak ada yang merasa dikucilkan karena shalat berjama’ah dilakukan bersama-sama dan akan ada persamaan hak dalam shalat berjama’ah. Oleh karena itu membiasakan siswa untuk shalat dhuhur berjama’ah di sekolah akan mencegah siswanya melakukan perilaku bullying, karena bullying merupakan perilaku sosial yang negatif akan berdampak signifikan pada kehidupan seseorang, karena akan mengganggu perkembangan psikologi korbannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk bullying di SMPN 2 Ngantang Malang 2) Mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam shalat dhuhur berjama’ah di SMPN 2 Ngantang Malang 3) Mendeskripsikan dampak positif dari pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah dalam mencegah perilaku bullying siswa di SMPN 2 Ngantang Malang.
Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data penulis menggunakan dekskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudian mendisplay data berupa uraian singkat dan menyimpulkan secara fleksibel agar menjawab rumusan masalah yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di SMPN 2 Ngantang yaitu bullying fisik seperti menjegal, menghardik, memukul dan bullying verbal berupa menghina, mengolok-olok, memanggil dengan panggilan julukan atau nama orang tua. 2) Nilai-nilai dari pembiasaan shalat dhuhur berjamaah yaitu adanya nilai persamaan, kebebasan, kebersamaan dan persaudaraan. 3) Dampak positif dari pembiasaan shalat berjamaah dalam mencegah bullying adalah dengan adanya nilai persamaan dalam shalat berjamaah siswa tidak lagi melakukan bullying karena sadar akan persamaan hak antar siswa, siswa lebih mentaati peraturan sekolah, siswa lebih menghargai perbedaan dan kekurangan satu sama lain.
ENGLISH:
Prayer is a worship that will shape a person into amar ma'ruf nahi munkar behavior. Likewise, if is carried out together will be created a good social environment. If congregational prayer is accustomed at school will make students more familiar with each other, no one will be ostracized because congregational prayer is held together and there will be equal rights in congregational prayer. Therefore accustoming students to dhuhr prayer in school will prevent the students from bullying, because bullying is a negative social behavior that will have a significant impact on a person's life, because it will interfere with the psychological development of the victims. The research aims at 1) Describing the forms of bullying at Public Junior School 2 of Ngantang of Malang 2) Determining the values of congregational Dhuhr prayer at Public Junior School 2 of Ngantang of Malang 3) Describing the positive impact of congregational Dhuhr prayer in preventing bullying behavior of students at Public Junior School 2 of Ngantang of Malang.
The approach used a qualitative research approach with the type of case study research. In collecting data, the researcher used the method of observation, interviews and documentation. The analysis of the data, the researcher used qualitative descriptive by reducing the data and displaying the data in the form of a brief description and concluding flexibly in order to answer the problem formulation.
The research results showed that 1) The forms of bullying behavior at Public Junior School 2 of Ngantang of Malang are physical bullying, such as tackling, rebuking, hitting; and verbal bullying, such as insulting, making fun of, calling with nicknames or parents' names. 2) the values of habituation of dhuhur prayer are the values of equality, freedom, togetherness and brotherhood. 3) The positive impact of congregational prayer in preventing bullying is the existence of equality values in congregational prayer, the students don’t do bullying because they are aware of the equality of rights between students, students are more obedient to school rules, students are more respectful of differences and weaknesses with each other.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | shalat dhuhur berjama’ah; perilaku bullying; congregational dhuhur prayer; bullying behavior | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2020 12:22 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2020 12:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16547 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |