Akbar, Fathir (2019) Implementasi kegiatan dzikir al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SDIT Ulul Albab Kertosono Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan masih menjadi pokok perbincangan masyarakat pada saat ini, dengan melihat berbagai isu-isu keresahan masyarakat mengenai menurunnya kualitas generasi muda bangsa, era globalisai yang seharusnya dapat memberi pengaruh baik namun realitanya banyak juga yang justru berdampak buruk, salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya pendidikan yang menekan nilai-nilai rohani dan spiritual bagi generasi muda, maka dengan sebuah pembiasaan dalam suatu kegiatan untuk membentuk spiritual peserta didik yang dilakukan pada lembaga pendidikan tingkat dasar mampu memberikan dampak positif terhadap peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mendiskripsikan penerapan kegiatan Dzikir Al- Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SDIT Ulul Albab Kertosono Kabupaten Nganjuk. (2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan Dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SDIT Ulul Albab Kabupaten Nganjuk. (3) Untuk mendiskripsikan dampak positif kegiatan Dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SDIT Ulul Albab Kabupaten Nganjuk.
Agar tercapai tujuan penelitian tersebut, metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di SDIT Ulul Albab Kertosono Kabupaten Nganjuk. Instrumen kunci adalah peneliti, dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data lainnya. Data yang diperoleh akan dianalisi dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan dzikir al-ma’tsurat dilakukan setiap pagi hari, adapun tahapan permulaan yaitu membaca bismillah, do’a sebelum belajar, surah Al-fatihah, lalu membaca Syahadatain, Asmaul Husna. Kemudian tahapan pelaksanaan dzikir al-ma’tsurat, yaitu membaca wazhifah, wirid Al-Qur’an, do’a siang dan malam, do’a matsur, dan do’a Robithoh (2) Faktor pendukung internal meliputi : partisipasi pendidik dalam dzikir al-ma’tsurat, buku pegangan dzikir al-ma’tsurat, sebagian siswa yang sudah hafal dzikir al-ma’tsurat. Sedangkan faktor penghambat internal, tidak sesuainya jadwal pendidik yang hadir mendampingi kegiatan, bangunan musholla yang belum sempurna, dan sebagian siswa yang sulit diatur. (3) dampak positif pelaksanaan dzikir al-ma’tsurat ialah terbentuknya spiritual siswa yang diinterprestasikan pada perilaku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | implementasi; dzikir al-ma’tsurat; spiritual; implementation; dhikr | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Firman Firman | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2020 12:20 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2020 12:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16392 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |