Rafiki, Nazuar (2019) Analisis faktor yang mempengaruhi motivasi nasabah menggunakan jasa perbankan syariah: Studi pada Bank Muammalat KCP Negara-Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bank syariah merupakan perusahaan jasa berbasis syariah yang menawarkan begitu banyak fasilitas pelayanan, promosi dan produk yang sangat menjanjikan para nasabahnya, sehingga bank dapat menarik motivasi nasabah untuk menabung di bank syariah. Kondisi persaingan bisnis perbankan mendorong setiap bank untuk mencari berbagai strategi pelayanan terbaik agar dapat menarik nasabah baru dan mempertahankan nasabah yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi nasabah Bank Muammalat KCP Negara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini nasabah Bank Muammalat KCP Negara. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrument, serta dengan analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempegaruhi motivasi nasabah dalam menggunakan Bank Muammalat KCP Negara. Faktor pertama yang paling dominan yaitu Faktor Kebutuhan Keamanan. Faktor kedua yang mempengaruhi yaitu faktor kebutuhan sosial. Faktor ketiga yang mempengaruhi yaitu faktor kebutuhan aktualisasi diri. Faktor keempat yang mempengaruhi yaitu faktor kebutuhan fisiologis. Faktor kelima yang mempengaruhi yaitu faktor kebutuhan penghargaan.
ENGLISH:
Islamic banks are sharia-based service companies that offer so many promising service, promotion, and product facilities to their customers, so that banks can motivate customers to save at these Islamic banks. The competitive condition of the banking business encourages each bank to look for a variety of the best service strategies in order to attract new customers and retain its existing customers. This study aims to determine the factors that influence the motivation of customers of Muamalat Bank Negara Branch.
This study uses a quantitative approach. The population in this study are customers of Bank Muamalat Negara Branch. The sample used was 100 respondents and applied a questionnaire as a means of collecting respondent data. The analytical method used in this study is to test the validity and reliability of the instrument, as well as with factor analysis.
The results showed that there are 5 factors that affect the motivation of customers in using Bank Muamalat Negara Branch. The first factor which is the most dominant is the Security Needs Factor. The second influence factor is the Social Need Factor. The third influence factor is the Factor of Self-Actualization Needs. The fourth influence factor is the Physiological Need Factor. The fifth influence factor is the Need for Reward Factor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | motivasi; nasabah; faktor-faktor; motivation; customer; factors | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2020 11:47 | ||||||
Last Modified: | 19 Mar 2020 11:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |