Muhlas, Dina Karulina (2019) Pengaruh kemampuan komunikasi pembelajaran guru menurut perspektif siswa terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikaagama Islam di Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 2 Ploso Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ploso Jombang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (kemampuan komunikasi guru) dan variabel Y (minat belajar siswa). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Ploso Jombang yang berjumlah 419 yang tersebar di 14 kelas sampel, Namun populasi dalam penelitian ini tidak akan dipakai semuanya mengingat minimnya waktu dan biaya peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa yang tersebar di kelas VII, VIII dan IX dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan komunikasi pembelajaran guru pai dan minat belajar siswa penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa 22 siswa dengan prosentase 48,9% menilai kemampuan komunikasi pembelajaran guru berada pada kategori sedang. Walaupun kemampuan komunikasi pembelajaran guru di SMPN 2 Ploso Jombang berada pada kategori sedang namun tetap ada pengaruh yang signifikan atas kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 02 Ploso Kabupaten Jombang. Hal ini diketahui dengan adanya pengaruh positif yang signifikan atas kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa, 49,2% dan selebihnya ditentukan oleh variabel lain.
ENGLISH:
The purpose of the study was to determine whether there or not the influence of communication of teacher learning on student’s learning interest in Islamic Religious Education subjects at SMP Negeri 02 Ploso Jombang. In this study there are two variables, namely variable X (teacher communication skills) and Y variables (student interest in learning). The population of this study was all students of SMPN 2 Ploso Jombang who distributed 419 scattered in 14 sample classes. However, in this study they would not be used all in view of the minimum and researcher costs. The sample in this study were 45 students spread across classes VII, VIII and IX with a simple random sampling technique. To collect data about learning communication skills teachers and students' interest in learning using data collection techniques using questionnaires. After the data is collected then it is analyzed using quantitative through simple linear regression with the squared method is valued. To analyze the authors use the help of the SPSS program.
Based on research, it can be concluded that 22 students with a percentage of 48.9% increased teacher communication skills according to the medium category. While the communication skills of teaching and learning in SMPN 2 Ploso Jombang depend on the medium category, but there is still a significant influence on the communication skills of teachers to students' learning interest in PAI subjects at SMP Negeri 02 Ploso, Jombang Regency. This is understood by the significant positive significance of learning communication skills on student learning interest, 49.2% and the rest is determined by other variables
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | komunikasi pembelajaran; minat belajar; learning communication; learning interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Firman Firman | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2020 11:55 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2020 11:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16327 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |