Hasanah, Silva Khoirul (2019) Nilai toleransi dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah berdasarkan PERMENDIKBUD nomor 21 tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kehidupan yang damai dan rukun adalah keinginan semua masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tenang, rukun damai dan harmonis maka perlu ditingkatkan kondisi moral masyarakat yang baik.Adanya kasus intoleransi saat ini merupakan dampak dari kurang difahami dan dimaknai nilai toleransi dalam kehidupan masyarakat. Sikap toleransi mempunyai peran yang sangat penting, karena sikap toleransi mampu memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui materi apa saja yang mencerminkan nilai toleransi yang ada pada Permendikbud No. 21 Tahun 2016, 2) Mengetahui interpretasi dari nilai toleransi dalam Permendikbud No. 21 Tahun 2016.
Untuk mencapai tujuan penelitian, maka digunakan penelitian library research dengan pendekatan kualitatif mengenai nilai toleransi yang ada pada kurikulum pendidikan agama islam berdasarkan permendikbud Nomor 21 tahun 2016. Penelitian menggunakan penelitian kepustakaan, penelitian yang dilakukanmelaluipengumpulan data atau karya tulis ilmiah bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan, atau telaah yang dilakukan untuk memecahkan studi kasus yang tertumpu pada telaah secara mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada semua materi per mata pelajaran terdapat nilai toleransi , 2) dari sisi nilai, nilai toleransi tercermin pada semua mata pelajaran, dari sisi bahasa, tidak semua mapel menggunakan secara konkrit kata “menghormati dan menghargai perbedaan”.
ENGLISH:
A peaceful life and pillarsis the desire of all the people. To improve the quality of life of the community, the pillars of peace and harmony then the moral condition of society needs to be improved. The existence of a case of intolerance is currently the impact of less understood and meant the value of tolerance in public life. The attitude of tolerance has a very important role, because the attitude of tolerance was able to give a positive impact in people’s lives.
The purpose of doing research is to 1) knowing what material reflects the tolerance value on religious education curriculum is based on PERMENDIKBUD No. 21 years of 2016, 2) know the interpretation of the value of tolerance in PERMENDIKBUD No. 21 years of 2016.
To achieve the research objectives,then used the research library research with qualitative approach regarding the value of tolerance in religious education curriculum based on PERMENDIKBUD No 21 years of 2016. Research using research libraries, the research conducted through the collection of data or paper write scientific aiming with the object of the research or data collection is librarianship, or examination is done to solve the study case thet centred on the examination in depth against material the relevant libraries.
The result showed that all scope 1) on all material per subject there is a tolerance value, 2) in terms of grades, tolerance values are reflected in all subjects. In terms of language, not all subjects use concrete words “respect and respect differences”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | nilai toleransi; permendikbud no. 21 tahun 2016; the value of tolerance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Maimanah Kholidah | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2020 11:13 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 08:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16291 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |