Sholihah, Millatush (2019) Pengaruh metode pembelajaran probing prompting dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDOENSIA:
Pembelajaran IPS tidak hanya bertumpu pada menghafal konsep saja, akan tetapi diharapkan dapat mengarahkan kemampuan siswa untuk memiliki wawasan berpikir yang beragam. Hal ini menuntut guru untuk menguasai berbagai macam metode mengajar yang tepat, seperti metode pembelajaran probing prompting, yaitu pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali gagasan para siswa. Selain metode juga dibutuhkan faktor lain untuk meningkatkan hasil belajar, yaitu lingkungan keluarga. Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi manusia dan setiap keluarga bertanggung jawab atas pendidikan anaknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh metode probing prompting terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang. (2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang. (3) Pengaruh metode probing prompting dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Musholliyah yang berjumlah 32 siswa. Analisis data yang digunakan adalah independent sampel t-test, regresi linier berganda, uji t, uji f dan determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran probing prompting diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (4,485>2,042). Kesimpulannya, metode probing prompting berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar karena dengan metode ini semua elemen ikut terlibat dalam pembelajaran, selain itu siswa dituntut aktif dalam berfikir dan berusaha membangun pengetahuan yang baru (2) untuk perhatian orang tua memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (5,444>2,042). Artinya terdapat pengaruh signifikan dari perhatian orang tua terhadap hasil belajar dikarenakan perhatian orang tua adalah peranan paling penting dan utama sebagai penunjang semangat belajar anak. (3) Penggunaan metode pembelajaran probing prompting dan perhatian orang tua diperoleh nilai Fhitung>Ftabel yaitu (5,435>3,33). Artinya metode pembelajaran probing prompting dan perhatian orang tua sama-sama berpengaruh signifikan, akan tetapi pengaruh perhatian orang tua lebih besar, hal ini dikarenakan perhatian orang tua tidak ada batas dan waktu, setiap perhatian akan memeri pengaruh dan pengalaman berupa perubahan sikap dan tingkah laku yang postif terhadap anak.
ENGLISH:
Social studies learning is not only based on memorizing concepts, but also is expected to direct the ability of students to have diverse thinking insights. This requires the teacher to master a variety of appropriate teaching methods, such as the probing prompting learning method, in this method, the teacher presents a series of questions to guide in explore students' ideas. Besides the method, other factors are needed to improve learning outcomes, which is family environment. The family is the first and foremost educational institution for humans and every family is responsible for their children's education.
This study aims to describe: (1) The effect of the probing prompting method on social studies learning outcomes of VII grade students of MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang. (2) The effect of parents' attention on the studies of social science learning outcomes of VII grade students at MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang. (3) The effect of the probing prompting method and parents' attention to the studies of social science learning outcomes students of Grade VII at MTs Al-Musholliyah Ampelgading Malang.
This research method uses quantitative research, the instrument used in the form of learning outcomes tests and questionnaires. The population in this study were all students of class VII MTs Al-Musholliyah, amounting to 32 students. Data analysis used was independent sample t-test, multiple linear regression, t test, f test and determination.
The results showed that: (1) The method of probing prompting learning obtained tcount> ttable, i.e. (4,485> 2,042). In conclusion, the probing prompting method has a significant effect on learning outcomes because with this method all elements are involved in learning, besides, students are also required to be active in thinking and trying to build new knowledge (2) for parents' attention datum is tcount> ttable ie (5,444> 2,042). This means that there is a significant influence of parental attention on learning outcomes because parental attention is the most important and main role as supporting the child's enthusiasm for learning. (3) The use of the probing prompting learning method and the attention of parents obtained Fcount> Ftable (5.435> 3.33). This means that the probing prompting learning method and parents' attention are both significantly influence, but the influence of parents' attention is greater, this is because parents' attention has no limit and time, each attention will give effect and experience in the form of changes in attitudes and behavior that are positive for children.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | hasil belajar; metode probing prompting; perhatian orang tua; learning outcomes; probing prompting method; parental attention | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2020 13:34 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2020 15:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16266 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |