Masruroh, Masruroh (2019) Analisis pencapaian standar proses pembelajaran di Sekolah Gratis MTS Siti Fatimah Pandaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan gratis adalah segala pembebasan biaya bagi peserta didik dan orang tua peserta didik yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dan kegiatan pembangunan sekolah.Standar proses pendidikan adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang berisi tentang bagaimana seharusnya proses pembelajaran berlangsung. Permasalahannya tidak banyak sekolah yang menggratiskan biaya pendidikan seperti yang dilakukan MTs Siti Fatimah pandaan, oleh karena itu peneliti berusaha menggali lebih data .
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan (1) Latar belakang didirikannya sekolah gratis(2) Pencapaian standar proses pembelajaran di Sekolah Gratis MTs Siti Fatimah Pandaan (3)Upaya meningkatkan standar proses pembelajaran di Sekolah Gratis MTs Siti Fatimah Pandaan
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studikasus. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi,observasi dan wawancara. Teknik penentuan Informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan kepala sekolah, guru, dan siswa di Sekolah Gratis MTs Siti Fatimah Pandaan, anak putus sekolah, wali murid siswa Sekolah Gratis MTs Siti Fatimah Pandaan , ketua RW 01 Desa Nogosari, karyawan pabrik di Pandaan. Adapun langkah langkahpenelitian atau analisis data yang dilakukan adalah dengan cara reduksidata, penyajian data dan pengambil kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sekolah Gratis MTs Siti Fatimah Pandaan berdiri dilatarbelakangi oleh beberapa faktor sebagai berikut memberikan kemudahan akses pendidikan terhadap anak panti asuhan yatim piatu, mengurangi pengaruh pergaulan buruk siswa, mengurangi angka putus sekolah (2) Pencapaian Standar Proses pembelajaran di Sekolah Gratis MTs Siti Fatimah Pandaan sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, akan tetapi penerapan Student Centread Learning (SCL) masih belum optimal, hal ini dibuktikan dengan penerapan metode ceramah lebih menonjol daripada metode SCL. (3) Upaya yang dilakukan Sekolah Gratis Siti Fatimah Pandaan untuk meningkatkan pencapaian standar proses pembelajaran berupa penyusunan program-program pembelajaran meliputi peningkatkan model pembelajaran yang lebih bervariasi, penggunakan metode pembelajaran selain ceramah dan diskusi, pengembangan media pembelajaran, pemenuhan ketersediaan sumber belajar yang lebih memadai seperti buku paket .
ABSTRACT
Free education is all fee waivers for students and parents of students relating to the teaching and learning process and school construction activities. Education process standard is an activity related to the implementation of learning which contains about how the learning process should take place. The problem is that not many schools have free tuition fees as did MTs Siti Fatimah Pandaan, therefore researchers are trying to dig deeper data.
This research was conducted with the aim to explain (1) the background of the establishment of free schools (2) the achievement of the learning process standards in the Free Schools MTs Siti Fatimah Pandaan (3) efforts to improve the learning process standards in the Free Schools of MTs Siti Fatimah Pandaan
To achieve this goal, researchers use a qualitative research approach to the type of case study research. Data collection techniques using documentation, observation and interviews. The technique of determining the research informants used purposive sampling technique. The steps of research or data analysis are carried out by data reduction, data presentation and conclusion or verification of data.
The results showed that (1) Free school MTs Siti Fatimah Pandaan stood against the background of several factors as follows (a) providing easy access to education for orphanage orphanages, (b) reducing the influence of bad associations of students (c) reducing the number of dropouts ( 2) the achievement of Standards The learning process in the Free School MTs Siti Fatimah Pandaan is in accordance with the National Education Standards, but the application of Student Centread Learning (SCL) is still not optimal, this is indicated by the application of the lecture method more prominent than the SCL method. (3) efforts made by the Siti Fatimah Pandaan Free School to improve the achievement of the standard learning process in the form of the preparation of learning programs including enhancing the more varied learning models, using learning methods other than lectures and discussions, developing learning media, fulfilling the availability of more adequate learning resources like a package book.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan gratis; standar proses pembelajaran; free education; learning process standards; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2020 15:20 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 14:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16249 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |