Amelia Wachidah, Rizka (2019) Pengaruh kesejahteraan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (39MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Di dunia pendidikan, seorang guru yang berkualitas sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas dari pendidikan. Salah satu faktor yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas suatu pendidikan adalah dilihat dari kinerja gurunya. Mengenai guru-guru di Indonesia, masih banyak yang mengatakan bahwa profesi menjadi seorang guru masih jauh dari kata sejahtera, sehingga menurunkan kinerja dari guru tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dilihat dari bagaimana kesejahteraan guru tersebut apakah sudah layak atau tidak, serta bagaimana motivasi guru tersebut dalam bekerja apakah mempunyai semangat yang tinggi atau tidak. Jika kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi kinerja guru menjadi lebih baik maka akan menciptakan peserta didik yang berkualitas dan membuat kinerja seorang guru menjadi lebih optimal.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kesejahteraan guru terhadap kinerja guru, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta pengaruh kesejahteraan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi model hubungan kausal/sebab akibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket atau kuesioner. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesejahteraan guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,424. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,394. (3) Kesejahteraan guru dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru, ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta ada pengaruh kesejahteraan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.
ENGLISH:
In education, a qualified teacher is needed to improve the quality of education. One of the factors that are needed to improve the quality of education is seen from the performance of the teacher. Regarding teachers in Indonesia, there are still many who say that the profession of being a teacher is still far from the word prosperity, thus reducing the performance of the teacher. Factors that influence teacher performance are seen from how the teacher's welfare is appropriate or not, and how the teacher's motivation in working is whether he has high enthusiasm or not. If both of these factors can influence teacher performance for the better it will create quality students and make the performance of a teacher more optimal.
The purpose of this study was to determine the effect of teacher welfare on teacher performance, the effect of work motivation on teacher performance, and the influence of teacher welfare and work motivation on teacher performance.
This study uses a quantitative research approach with the type of research correlation model causal/causal relationship. Data collection techniques used in this study were using questionnaires or questionnaires. The data in this study were analyzed using multiple linear regression.
The results of this study indicate that (1) teacher welfare has a positive effect on teacher performance with a regression coefficient of 0,424. (2) Work motivation has a positive effect on teacher performance with a regression coefficient of 0,394. (3) Teacher welfare and work motivation have a simultaneous influence on teacher performance. So it can be concluded that there is an influence of teacher welfare on teacher performance, there is an effect of work motivation on teacher performance, and there is an influence of teacher welfare and work motivation on teacher performance at Junior High Schools in Tanggulangin Sub-District Sidoarjo Regency.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kesejahteraan guru; motivasi kerja; kinerja guru; teacher welfare; work motivation; teacher performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2020 10:59 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2020 10:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16148 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |