Kholifah, Siti (2019) Implementasi ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an Dalam membentuk karakter peduli sosial dan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15120019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ekstrakulikuler Tahfidz Al-Qur’an merupakan sarana bagi seorang guru untuk membangun penerus bangsa khususnya siswa-siswinya yang mempunyai kemampuan lebih dalam menghafal al-Qur’an dan program ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an sangatlah membantu siswa dalam menghafal al-Qur’an. Usaha untuk melestarikan, menjaga, menghafal, dan menyebarluaskan al-Qur’an sampai saat ini masih dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengembangan berbentuk pondok pesantren, dan madrasah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaiaman perencanaan ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an dalam membentuk karakter peduli sosial dan kedisiplinan siswa di MTsN 2 kabupaten Malang, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an dalam membentuk karakter peduli sosial dan kedisiplinan siswa di MTsN 2 kabupaten Malang, (3) mengetahui apa saja hambatan ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an dalam membentuk karakter peduli sosial dan kedisiplinan siswa di MTsN 2 kabupaten Malang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display (penyajian data) dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses penerapan ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an bahwa pelaksanaannya dilakukan setiap hari senin-jumat, ekstrakulikuler tahfidz ini ada dua macam yaitu wajib dan sunnah. Kalau sunnah semua peserta didik diwajibkan menghafalkan juz 30, dan yang sunnah khusus anak yang mengikuti esktrakulikuler tahfidz al-Qur’an dengan menghafalkan sampai juz 3. Hafalan ini sebagai persyaratan untuk pengambilan ijazah. (2) pelaksanaan ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an dalam membentuk karakter peduli sosial dan kedisiplinan harus sesuai dengan indikator peduli sosial dan kedisiplinan dikaitkan dalam pelaksanaan seperti: membantu teman yang sedang kesusahan, meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa atau tidak punya, merancang dan melaksanakan kegiatan sosial, dan menghormati petugas-petugas sekolah. (3) hambatan pelaksanaan ekstrakulikuler tahfidz al-Qur’an tidak begitu serius karena mereka wajib meluangkan waktu setiap hari untuk selalu istiqomah menghafalkan al-Qur’an dan harus meluangkan waktu untuk muraja’ah.
ENGLISH:
Tahfidz Al-Qur’an extracurricular is a medium to teachers to build the generation of the nation, especially, the students which are not only equipped by knowledge but also the understanding on the subjects taught in the school. Tahfidz Al-Qur’an extracurricular helps the students to memorize Al-Qur’an. The effort to continue, keep, memorize, and spread widely Alqur’an is still exist. This seems from the number of the development of Islamic boarding school and Islamic school.
The aims of this research are to: (1) know the plan of Tahfidz Al-Qur’an extracurricular in building the students’ characteristics of social care in MTsN 2 Malang, (2) to know the implementation of Tahfidz Al-Qur’an in building the students’ characteristics of social care in MTsN 2 Malang, (3) to know the obstacles of Tahfidz Al-Qur’an extracurricular progrm in building the students’ characteristics of social care in MTsN 2 Malang.
The method of the research is qualitative. The research is field research. The data collection techniques are by interview, observation, and documentation. The data analysis is by reducing and displaying data, and drawing the conclusion.
The results of the research show (1) the implementation process of Tahfidz Al-Qur’an extracurricular is carried on Monday-Friday. This program is two kinds. They are an obligation and un-obligation program. In the obligation program, the students must memorize juz 30 of Al-Qur’an. Then, in an un-obligation program, the student must memorize three juz of Al-qur’an. This is for the requirement of certificate removal. (2) The implementation of Tahfidz Al-Qur’an extracurricular in building the students’ characteristics of social care should be appropriate to the indicator of social care. Such as: helping difficulty friends, lending the equipment of the study to friends, designing and holding the social program, and respecting the staffs of the school. (3) The obstacles of Tahfidz Al-Qur’an extracurricular are not too significant because of the obligation. Th students must spend the free time to memorize and re-memorize Al-qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | ekstrakulikuler tahfidz al-qur’an; peduli sosial; kedisiplinan; tahfidz al-qur’an extracurricular; social care activity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2020 14:05 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2020 14:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16130 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |