Syachdiyah, Lailatus (2019) Peran guru IPS dalam meningkatkan pembelajaran aktif (active learning) di kelas VIII G unggulan SMPI Al-Maarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan suatu pendidikan lebih banyak dipengaruhi oleh tenaga kependidikan terutama guru, dalam hal ini komponen lainnya seperti kepala sekolah, orang tua dan lingkungan belajar serta semua pihak yang terkait ikut berperan dalam memperlancar proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru untu mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan terutama untuk meningkatkan proses pembelajaran aktif.
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan pentingnya peran guru IPS dalam meningkatkan pembelajaran aktif (active learning) di kelas VIII G Unggulan SMPI Al-maarif 01 Singosari Malang, (2) Untuk mengetahui model-model pembelajaran aktif (active learning) yang sudah dilakukan oleh guru IPS di kelas VIII G Unggulan SMPI 01 Al-Ma’arif Singosari Malang, (3) Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi guru IPS dalam meningkatkan pembelajaran aktif (active learning) di kelas VIII G Unggulan SMPI Al-Maarif 01 Singosari Malang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Dengan jenis penelitain lapangan (field research).Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi data.
Hasil penelitian bahwa, (1) Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran aktif (active learning) yaitu guru disini sebagai informator dan fasilitator. Peran itu perlu dimaksimalkan lagi karena dikelas VIII G ini sebagian siswa berasal dari pondok pesantren yang perlu pengetahuan yang banyak terkait pembelajaran , (2) Model-model pembelajaran aktif (active learning) yang digunakan di kelas VIII G Unggulan SMPI Al-Maarif 01 Singosari diantaranya yaitu Discovery Learning, problem solving, group resume, pemberian LK ataupun artikel (3) kendalanya yaitu kurangnya pendekatan kepada siswa, kebiasaan menghafal materi dan keterbatasan waktu. Solusinya yaitu menerapkan pembelajaran sesuai sintak, melakukan pengawasan dalam pembelajaran seperti diskusi
ENGLISH:
A success education is influenced by education staff, especially teachers.Other components such as school principals, parents and the learning environment play a role in expediting the learning process undertaken by teachers to achieve the educational goals, in this case is to improve active learning process.
The purpose of this research are: (1) To describe the importance of the role of social studies teachers in enhancing active learning in class VIII G UnggulanSMPI Al-maarif 01 Singosari, Malang; (2) To find active learning models that are has been done by social studies teachers in class VIII G UnggulanSMPI01 Al-Ma'arifSingosari Malang; (3) To describe the constraints and solutions of social studies teachers in increasing active learning in class VIII G in SMPI Al-Maarif 01 Singosari Malang.
This research used a descriptive qualitative approach. With the type of field research. The data was collected with interviews, observation and documentation technique. The analysis of the data used is data collection, data reduction, data presentation, and data verification.
The result of the study, (1) the role of teachers in improving learning (active learning) that is the teacher here as an informatory and facilitator. That role needs to be maximized again, because in class VIII G some students come from Islamic boarding school who need a lot knowledge related to learning, (2) active learning models used in class VIII G featured in Al-Maarif junior High School 01 Singosari including namely Discovery learning, problem solving, group resume, giving LK or articles (3) the constraints are the lack of approach to students, the habit of memorizing material and limited time. The solution is to apply learning according to syntax, supervise learning such as discussion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peran guru; pembelajaran aktif; teachers role; active learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2020 09:31 | ||||||
Last Modified: | 26 Feb 2020 09:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16127 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |