Hakiki, Choirul (2019) Hubungan kecanduan game online Mobile Legend terhadap interaksi sosial pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kebiasaan bermain game online membuat individu akan terasing dari lingkungannya. Bermain game online umumnya dilakukan sendirian, dan itu yang dilakukan dalam waktu cukup lama. Semakin kecanduan terhadap game online, semakin sedikit pula waktu yang tersedia untuk berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kecanduan game online mobile legend pada Mahasiswa FakultasPsikologi UIN Malang. 2) Tingkat Interaksi Sosial pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang; 3) Hubungan Kecanduan game online terhadap Interasksi sosial pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang sebanyak 920 subyek dan sampel yang diambil 100 Mahasiwa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan skala kecanduan game online diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Griffiths & Davies (2005) dan skala interaksi sosial di adaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Soekanto (2000). Analisis dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 16. Dengan teknik korelasi menggunakan rumus Product Moment dari Pearson’s.
Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kecanduan game online dengan kategori tinggi sebesar 17%, kategori sedang 66%, dan kategori rendah sebesar 17%. Sedangkan tingkat interaksi sosial pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang dalam kategori rendah sebesar 13%, kategori tinggi sebesar 16%, dan kategori sedang sebesar 71%. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecanduan game online mobile legend dengan interaksi sosial rxy=-428 dan nilai signifikasi 0,000 ≤ 0,05. Artinya semakin tinggi kecanduan game online maka tingkat interaksi sosial semakin rendah begitu juga sebaliknya, semakin rendah kecanduan game online rendah maka tingkat interaksi sosial semakint inggi.
ENGLISH:
The habit of playing online games will make individuals alienated from their environment. Playing online games is generally done alone, and that is done in a long time. The more addicted to online games, the less time available to interact with friends his age. This study aims to find out: 1) The level of addiction to the mobile legend online game in the Students of the Psychology Faculty of UIN Malang. 2) Level of Social Interaction in Students of the Faculty of Psychology, UIN Malang; 3) Relationship to online game addiction to social interventions in Psychology Faculty Students at UIN Malang.
The research method used is quantitative research methods. The population in this study were 920 students of the Faculty of Psychology UIN Malang and 100 student taken sample. The sampling technique used was purposive sampling. While data collection carried out using the online game addiction scale was adapted from research conducted by Griffiths & Davies (2005) and the scale of social interaction adapted from research conducted by Soekanto (2000). The analysis in this study uses the help of the SPSS for Windows version 16. The correlation technique uses the Product Moment formula from Pearson's.
The results of this study indicate the level of online game addiction with a high category of 17%, medium category 66%, and low category of 17%. While the level of social interaction in the students of the Faculty of Psychology, UIN Malang in the low category of 13%, the high category was 16%, and the medium category was 71%. Correlation test results showed a significant negative relationship between addicted online mobile game legend with rxy social interaction = -428 and a significance value of 0,000 ≤ 0,05. This means that the higher the addiction to online games, the lower the level of social interaction and vice versa, the lower the addiction to low online games, the higher the level of social interaction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholichatun, Yulia | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecanduan game online; interaksi sosial; online game addiction; social interaction | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2020 10:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2020 10:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15682 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |