Wicaksono, Wisnu (2018) Hubungan pengasuhan orang tua dengan kemandirian belajar siswa SDN Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11410117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemandirian belajar siswa di SD Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan ditentukan dengan pola pengasuhan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat pola pengasuhan orang tua belajar siswa di SD Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan (2) menganalisis tingkat kemandirian belajar siswa di SD Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, (3) menganalisis hubungan pola pengasuhan orangtua dengan kemandirian belajar siswa di SD Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling dengan subjek seluruh siswa SD Lebak Winongan kelas 5 & 6 yang berjumlah 22 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 29 item untuk kuesioner pola pengasuhan orangtua dan 17 item untuk kuesioner kemandirian belajar. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis korelasi product-moment dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan banyak siswa yang berpendapat orang tua mereka sudah menerapkan pola pengasuhan dengan baik, dibuktikan dengan 20 dari 22 orang tua mendapatkan penilaian dalam kategori tinggi dengan prosentase 90,9% dan 2 orang tua mendapatkan penilaian dalam kategori sedang dengan prosentase 9,1% serta tidak ada orang tua yang mendapatkan penilaian dalam kategori rendah. Sedangkan dari hasil kemandirian belajar terdapat 21 siswa masuk kategori tinggi dengan prosentase 95,5% dan 1 siswa masuk kategori sedang dengan prosentase 4,5% serta tidak ada siswa dalam kategori rendah.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang cukup kuat antara pola pengasuhan orang tua dengan kemandirian belajar siswa di SD Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, ini ditunjukkan dengan r = 0,845. Kemudian dari hasil output korelasi pada tabel Correlations menghasilkan Sig. sebesar 0,000 yang dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara variabel x (pola pengasuhan orang tua) dan variabel y (kemandirian belajar).
ENGLISH:
Student self-learning in SD Lebak Sub District Winongan Pasuruan District specified with parents parenting. This study aims to analyze the level of parenting of students' learning in the District of Winongan District of Pasuruan (2) to analyze the level of student self-learning in SD Lebak Sub District Winongan Pasuruan (3) to analyze parents parenting relationship with student self-learning in SD Lebak Sub District Winongan Pasuruan District.
This research uses quantitative approach with correlational type. The sample selection using total sampling technique with the subjects of all students sd lebak winning class 5 & 6 which amounted to 22 people. Methods of data collection using questionnaires with Likert scale. The research instrument was a questionnaire consisting of 29 items for parenting parenting questionnaires and 17 items for self study learning questionnaires. Test requirements analysis using the test of normality and test linearity. The method of analysis used is product-moment correlation analysis method and simple regression analysis.
The results showed that many students thought their parents had applied parenting well, as evidenced by 20 out of 22 parents getting ratings in the high category with a percentage of 90.9% and 2 parents getting ratings in the medium category with a percentage of 9.1% and no parents get ratings in the low category. While the results of learning independence there are 21 students in the high category with a percentage of 95.5% and 1 student in the medium category with a percentage of 4.5% and no students in the low category.
From result of research known that there is strong relation between parenting parents with student self-learning in SD Lebak Sub District Winongan Pasuruan, this is indicated by r = 0,845. Then from the correlation output on the Correlations table then generated Sig. A total of 0,000 can be concluded there is a significant relationship between variable x (parenting parents) and variable y (self-learning).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sa'diyah, Elok Halimatus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pola pengasuhan orang tua; kemandirian belajar; parenting; self-learning | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2020 10:32 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2020 10:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15648 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |