Hidayatulloh, Rio Septian (2019) Pengaruh keunggulan bersaing terhadap rasio profitabilitas dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada Bank Umum Syariah Indonesia tahun 2014-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perbankan syariah saat ini sedang mengalami pertumbuhan pesat baik dari strategi perluasan pangsa pasar hingga penawaran berbagai produk dan fasilitas. Antar lembaga perbankan syariah yang satu dengan lainnya saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di mata masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan strategi keungguan bersaing melalui penciptaan nilai tambah ekonomis (EVA) yang mana akan dapat meningkatkan pencapaian laba suatu perusahaan. Selain itu, ukuran perusahaan juga menjadi penting yang mana menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menciptakan kinerja dilihat dari sisi ketersediaan aset.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keunggulan bersaing berpengaruh langsung terhadap rasio profitabilitas dan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan mampu memperkuat/memperlemah pengaruh keunggulan bersaing terhadap rasio profitabilitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah bank umum syariah Indonesia tahun 2014-2018. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keunggulan bersaing yang diproksikan dengan economic value added (X), variabel independen adalah rasio profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset (Y), dan varibel moderasi adalah ukuran perusahaan yang diproksikan dengan total aset (Z). Teknik analisa data menggunakan analisis PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung keunggulan bersaing yang diproksikan dengan economic value added berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasio profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset. Selain itu, variabel moderasi ukuran perusahaan yang diproksikan dengan total aset ikut memperkuat pengaruh keunggulan bersaing terhadap rasio profitabilitas.
ENGLISH:
Sharia banking is currently experiencing tremendous growth both from the strategy of market share expansion and various products and facilities offered. There is a competition between one and other Islamic banking institutions to be the best in the eyes of the public. Therefore, a competitive advantage strategy is needed through the creation of economic value added (EVA), which will be able to increase the profitability of a company. Besides, the size of the company is also important because it illustrates the company's ability to create performance in terms of asset availability.
Moreover, the objectives of this research were to find out whether competitive advantage has a direct effect on profitability ratios and to find out whether the size of the company is able to strengthen or weaken the influence of competitive advantage on profitability ratios. To achieve the objectives, this research employed descriptive quantitative research. The population of this study was the Indonesian Islamic commercial bank in 2014-2018. The sampling technique utilized was purposive sampling. The independent variable in this study is a competitive advantage that was proxied by economic value added (X), the independent variable was the profitability ratio that was proxied with return on assets (Y), and moderation variables was the size of the company that was proxied by total assets (Z). Also, data analysis techniques used PLS analysis.
The results of this study explain that the competitive advantage proxied by economic value added has a positive and significant effect directly on profitability ratios that are proxied by return on assets. Furthermore, the moderating variable of company size proxied by total assets also strengthens the influence of competitive advantage on profitability ratios.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mardiana, Mardiana | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | keunggulan bersaing; rasio profitabilitas; ukuran perusahaan; competitive advantage; profitability ratio; company size | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 10:39 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 10:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15529 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |