Hakim, Fikri Ali (2019) Pengaruh kelompok acuan dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian kamera digital: Studi kasus pada pengguna kamera digital merek Canon di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Antusiasme masyarakat terkait bidang seni visual khususnya pada sub-bidang seni media rekam berbasis teknologi digital dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penjualan dan kepemilikan beberapa merek kamera digital. Menurut hasil survei yang dikutip dari Top Brand Award, pada kategori barang elektronik, Canon sebagai merek penyedia kamera digital berhasil menduduki peringkat pertama selama empat tahun terakhir berturut-turut. Fenomena tersebut tidak luput dari hasil peran konsumen yang terlibat dalam sebuah proses keputusan pembelian sebuah produk. Pertimbangan berbagai pilihan alternatif produk biasanya dapat muncul dari berbagai sumber, dapat berasal dari lingkungan internal maupun eksternal seperti yang akan dibahas dalam dalam penelitian ini diantaranya kelompok acuan dan pengetahuan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel kelompok acuan dan pengetahuan konsumen terhadap variabel keputusan pembelian kamera digital merek Canon di Kota Malang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kamera digital merek Canon di Kota Malang dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 135 responden dengan berlandaskan teori Malhotra, sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode aksidental. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok acuan dan pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kamera digital merek Canon di Kota Malang.. Hasil uji R² menunjukkan pengetahuan konsumen dapat diartikan berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kamera digital merek Canon di Kota Malang.
ENGLISH:
The enthusiasm of the community regarding the field of visual arts, especially in the sub-field of digital technology-based recording media, is evidenced by the increasing number of sales and ownership of several digital camera brands. According to the results of a survey cited from the Top Brand Award, in the category of electronic goods, Canon as a brand of digital camera provider managed to rank first for the last four consecutive years. This phenomenon does not escape the results of the role of consumers involved in a product purchasing decision process. Consideration of various alternative choices of products can usually arise from various sources, can come from internal and external environments as will be discussed in this study including reference groups and consumer knowledge.
This study aims to determine the effect caused by the reference group variables and consumer knowledge on the variable decision to purchase Canon brand digital cameras in Malang City. This type of research is quantitative research, using a survey approach. The population in this study were Canon brand digital camera users in the city of Malang and the number of samples taken as many as 135 respondents based on Malhotra theory, while the sampling used accidental methods. Testing instruments using validity test and reliability test while in conducting data analysis using Multiple Linear Regression Analysis.
The results showed that the reference group and consumer knowledge had a significant and partial effect on the decision to purchase Canon brand digital cameras in Malang City. The R² test results showed that consumer knowledge could be interpreted to have a dominant effect on the purchase of Canon brand digital cameras in Malang City.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Machfudz, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kelompok acuan; pengetahuan konsumen; keputusan pembelian; reference group; consumer knowledge; purchasing decisions | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 10:35 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 10:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15526 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |