Bustomi, Muchammad (2019) Strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di BMT maslahah kantor cabang pembantu Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15540010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
NDONESIA:
Strategi pemasaran merupakan langkah awal suatu perusahaan dalam memperkenalkan produk pada konsumen. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan. Strategi pemasaran akan berjalan dengan optimal jika direncanakan secara terstruktur baik internal maupun eksternal. Strategi utama yang dapat digunakan adalah segmentasi pasar. Segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang, menggrogoti segmen pemimpin pasar, merumuskan pesan komunikasi, melayani lebih baik, menganalisis bisnis dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui segmentasi pasar yang dimiliki oleh BMT Maslahah dan mengetahui strategi peningkatan jumlah nasabah BMT Maslahah setelah dilakukan segmentasi pasar, Dari uraian di atas, penulis tertarik untuk meneliti segmentasi pasar yang diterapkan dalam peningkatan jumlah nasabah pada BMT Maslahah dengan judul Penelitian “Strategi Segmentasi Pasar dalam Peningkatan Jumlah Nasabah di BMT Maslahah Kantor Cabang Pembantu Sukorejo Pasuruan”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuanya untuk mendapatkan penjelasan mendalam mengenai strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di BMT Maslahah, dengan pimpinan BMT Maslahah sebagai subjek penelian. Data dikumpulkan dengan cara observasi, interview (wawancara), dokumentasi. Analisa data melalui empat tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dengan adanya segmentasi pasar dapat mempermudah BMT dalam melakukan pemasaran serta melayani nasabah yang memiliki beragam karakteristik. BMT Maslahah melakukan segmentasi pasar dengan melalui beberapa tahapan, diantaranya yaitu segmenting, targeting dan positioning. 2) Dalam peningkatan nasabah, BMT Maslahah melakukan ekspansi secara langsung untuk mengambil simpati dari masyarakat, serta menjaga pelayanan untuk mendapatkan loyalitas dari nasabah. BMT Maslahah kantor cabang pembantu Sukorejo memiliki beberapa kategori nasabah yang bebeda. Hal ini dilakukan juga berkaitan dengan strategi segmentasi pasar yang diterapkan di BMT Maslahah kantor cabang pembantu Sukorejo. Beberapa kategori diantaranya adalah nasabah umum, nasabah prioritas, nasabah khusus dan nasabah sasaran.
ENGLISH:
Marketing strategy is the first step of a company in introducing products to consumers. It it is very important to do to earn a profit which is expected by the company. Strategic marketing will be run with the optimum if planned in a structured either internally or externally. Main strategy which can be used is market segmentation. Segmenting the market is used to choose the market target, look for opportunities, to beat segment leader market, formulating the message communication, serve more good, analyze business and others. The purpose of the study this is to determine the segmentation of the market which is owned by the BMT Maslahah and determine strategies increase the number of customers BMT Maslahah after do segmenting the market, from the description in the above, the authors are interested to examine the segmentation of the market which is applied in an increase in the number of customers at BMT Maslahah with the title Research "Segmentation Market Strategic in Increasing Number of Customers in BMT Maslahah Branch Vice Office Sukorejo Pasuruan".
Research is using the approach of qualitative descriptive where the goal to get an explanation in-depth about the segmentation market strategic in an increase number of customers in BMT Maslahah, with the leadership of BMT Maslahah as the subject of recent research. Data were collected by means of observation, interview and documentation. Analysis of data through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions (verification).
From the results of the study showed that: 1) With the segmentation of the market may facilitate BMT in doing marketing and serving customers who have diverse characteristics. BMT Maslahah perform segmentation of the market by through several stages, including that segmenting, targeting and positioning. 2) In the increase in customers, BMT Maslahah do expansion is directly to take sympathy from the public, as well as maintaining the service to gain the loyalty of customers. BMT Maslahah branch vice office Sukorejo have several categories of customers were somewhat different. It is done also relates to the strategy of segmentation market which applied at BMT Maslahah branch vice office Sukorejo. Some of these categories are general customer, customer priority, customers special and target customer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Oktaviana, Ulfi Kartika | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi; segmentasi pasar; nasabah; strategic; segmentation market; customer | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2020 10:36 | ||||||
Last Modified: | 05 Mar 2020 10:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15428 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |