Wicaksono, M. Arif (2019) Implementasi pemasaran syariah pada BMT Maslahah Cabang Wagir Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14540042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pemasaran yang tidak berlandaskan pada ketuhanan akan cenderung melakukan hal-hal yang diharamkan oleh agama. bentuk kegiatan seperti menghalalkan segala cara agar mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. sehingga melupakan akan aturan-aturan yang sudah diterapkan oleh norma agama. Maka perlu adanya panduan pemasaran syariah yang berlandaskan pada Al Quran dan Hadist. Pemasaran syariah dengan 4 karakteristiknya teistis, etis, realistis dan humanistis menjadikan panduan para pemasar dalam menjalani pemasaran yang dilandasi dengan jiwa spiritual, etika dalam bisnis dan profesional dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan keberhasilan pemasaran syariah pada BMT Maslahah Cabang Wagir Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data-data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yang bersumber dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemasaran syariah pada BMT Maslahah Cabang Wagir Malang telah menerapkan 4 karakteristik pemasaran syariah. Karakter teistis mengedepankan nilai spiritual seperti sholat dhuha, doa istighosah dan bersosialisasi semua kalangan. Karakter etis mengucapkan salam saat bertemu dan bersikap baik kepada sesama. Karakter realistis menetapkan margin murah dan libur kantor hari jumat. Karakter humanistis memberikan pelayanan yang sama dan pendistribusian program zakat maal di sekitar. Keberhasilan pemasaran syariah yaitu dalam merubah paradigma masyarakat produk syariah mahal menjadi produk syariah murah, meningkatkan hubungan dengan nasabah dan adanya kerjasama tim.
ENGLISH:
Marketing that is not based on divinity will tend to do thing that forbidden by religion. The activities such as allowing all means to get the maximum profit. So forget about the rules that have been applied by religious norms. Then it is necessary to have a sharia marketing guide based in Al Quran and Hadis. Islamic marketing have 4 characteristics that are theistic, ethical, realistisc and humanistic makes the marketing based on spiritual soul, ethics ini business and profesional work. This study aims to determine to determine the implementation and success of Islamic marketing at BMT Maslahah Wagir Malang branch.
This study uses a qualitative approach with phenomenology methods. The data were obtained through direct observation, interviews and documentation. The analysis data in this study uses triangulation techniques derived from data reduction, data presentation and conslucion.
The result showed that the implementation of Islamic marketing at BMT Maslahah Wagir Malang branch had used 4 characteristics of Islamic marketing. Theistis character put forward spiritual values such as dhuha prayer, istighosah and sozial to all community. Ethical characters say salam when meeting and being kind to others. Realistic character and office day off in Friday and service outside of house. Humanistic characters provide the same service and distribution of zakat maal programs and sets cheap margins. The success of Islamic marketing is in changing the society paradigm of expensive sharia product becoming cheap sharia product, improving relationships with customer and teamwork.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Solekah, Nihayatu Aslamatis | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pemasaran syariah; karakteristik pemasaran syariah; BMT maslahah cabang wagir; islamic marketing; characteristic of islamic marketing; BMT maslahah wagir malang branch | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2020 09:46 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2020 09:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15398 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |