Fi’liyah, Rusdiana (2019) Pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi Siswa di MI Sabilil Khoir Porong-Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
151401115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan Industri, Sains dan Teknologi yang pesat di abad 21 membawa konsekuensi besar terhadap kehidupan manusia, manusia dituntut untuk dapat beradaptasi dalam perubahan tersebut, salah satu upaya dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas ialah mengembangkan kemampuan berpikir tingkat yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat beranekaragam model pembelajaran yang digunakan untuk mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, salah satunya yaitu dengan model Discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Siswa di MI Sabilil Khoir.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan bentuk Nonequivalent Control Grup Desigh, dengan perlakuan yang berbeda dalam 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Sabilil Khoir, kelas 4A sebagai kelas ekperimen, dan kelas 4B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakukan dengan model discovery learning, dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis dengan menggunakan metode statistik uji Uji T-test one.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa lebih besar dari (2,40>1.69) sehingga diterima dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi akhir siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan model konvensional (kelas kontrol), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Siswa di MI Sabilil Khoir.
ENGLISH:
Industrial Development, Science and Technology which is rapid in the 21st century brings great consequences to human life, so it is required to be able to adapt to change, one of the efforts in the world of education for a change it is developing the level of thinking skills applied to learn activities. In learning activities, there are a variety of learning models that are used to influence students' high-level thinking skills, one of which is the learning discovery model. This study aims to examine the influence of the model discovery learning on student level thinking ability at MI Sabilil Khoir.
The approach used in this study is a quantitative approach with a type of quasi-experimental research using the form of nonequivalent control group design, with different treatments in 2 classes namely the control class and the experimental class. The subjects in this study were 4th-grade students at MI Sabilil Khoir, class 4A as the experimental class, and class 4B as the control class. In the experimental class given treatment with discovery learning models, and the control class is treated with conventional models. The instrument used is a test in the form of multiple choice. The analysis technique uses the statistical test method of the T-test one test.
The results of this study indicate that count is greater than the table (2.40> 1.69) so that Ha is accepted with a significance level of 0.05. This shows that the final high-level thinking ability of students between classes using the learning model discovery (experimental class) is higher than the class using conventional models (control class), so it can be concluded that there is an influence of the model discovery learning on students' thinking ability at MI Sabilil Khoir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | model discovery learning; kemampuan berpikir tingkat tinggi; high-level thinking abilities | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2020 11:59 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2020 11:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14830 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |