Adawiyah, Robiatul (2019) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis integrasi Islam tema 2 selalu berhemat energi untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas IV-B di MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar tematik berbasis integrasi islam tema 2 selalu berhemat energi ini dimaksudkan untuk mengatasi literasi sains dan hasil belajar. Hal ini disebabkan karena keterbatasan bahan ajar yang tersedia di sekolah sebagai pendukung dalam belajar, pembelajaran yang monoton, hanya tersedia media yang seadanya, kemampuan dan ketertarikan membaca dan menulis siswa masih rendah, kemampuan siswa dalam membaca ayat-ayat al-quran masih kurang lancar dan lemahnya sikap ilmiah siswa seperti jujur, kerjasama, percaya diri, tanggung jawab dan disiplin. Selain itu, siswa tidak pernah melakukan kegiatan eksperiment. Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar yang didalamnya menyajikan materi secara kongkrit, mengintegrasikan dengan ayat-ayat al-quran serta menerapkan kemampuan berliterasi sains.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro, dengan subyek penelitian siswa kelas IV-B. Adapun tujuan dari penelitian yang ingin dicapai, diantaranya untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan bahan ajar tematik berbasis integrasi islam tema 2 selalu berhemat energi untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kelas IV-B di MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro, (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar tematik berbasis integrasi islam tema 2 selalu berhemat energi untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas IV-B di MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro, dan (3) Mengetahui peningkatan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas IV-B setelah menggunakan bahan ajar tematik berbasis integrasi islam tema 2 selalu berhemat energi di MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research And Development dengan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah dari model ADDIE, diantaranya sebagai berikut: Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (uji coba), dan Evaluation (evaluasi). Sedangkan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adalah sebagai berikut, pengembangan bahan ajar tematik berbasis integrasi islam tema 2 selalu berhemat energi ini mendapatkan tingkat kualifikasi yang valid. Dari segi aspek isi/materi mendapatkan presentase hasil validasi sebesar 94,28%, aspek desain presentase hasil validasi sebesar 92,5%, dan aspek pembelajaran mendapatkan presentase hasil validasi sebesar 98,5%. Selain itu, presentase dari hasil validasi pada uji coba siswa mendapatkan presentase sebesar 93%. Pada hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung = (4,05)lebih besar dari ttabel= (1,743), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar tematik tema 2 selalu berhemat energi pada siswa kelas IV mampu meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
ENGLISH:
The development of thematic teaching materials are based on the integration of Islamic theme 2 is always saving energy. It is intended to overcome scientific literacy and learning score. This is due to the limited availability of teaching materials in the school in learning, monotonous learning, only available mediocre media, the students ability and interest in reading and writing are still low, student’s ability to read the Qur’an is still not smooth and the weakness scientific attitude of the students such as honesty, cooperation, confidence, responsibility and discipline. Other way, students never do experimental activities. Therefore, there is a need to have teaching materials which the material presents concretely, integrates with the verses of the Qur’an and implements the literacy skills of science.
This research was conducted at MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro, with the object of research class IV-B. The objectives of this study are to be achieved, including for : (1) Knowing the process of developing thematic teaching materials based on Islamic integration theme 2 is always saving energy to improve science literacy and learning outcomes of class IV-B at MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro, (2) Knowing the feasibility of theme 2 thematic teaching materials is always saving energy to improve scientific literacy and learning outcomes of class IV-B students at MI Islamiyah Attanwir Bojonegoro, and (3) Knowing the increase in scientific literacy and learning outcomes of class IV-B students after using theme 2 thematic teaching materials is always saving energy at MI IslamiyahAttanwir Bojonegoro.
The method used in this study is the Research And Development research method with the ADDIE development model. The steps of the ADDIE model, including the following : Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (uji coba), and Evaluation (evaluasi). While the data collection instruments in this study used observation, interviews, documentation, questionnaires and tests.
The results of this study show that as follows, the development of theme 2 thematic teaching materials always saves energy, obtaining a valid qualification level. In terms of content / material aspects get a percentage of validation results of 94.28%, the percentage of design aspects of the validation results is 92.5%, and the learning aspects get a percentage of validation results of 98.5%. In addition, the percentage of the results of the validation on the students; trials gets a percentage of 93%. The t-test results show that tcount = (4.05) is greater than t table = (1,743), then Ha is accepted and H0 is rejected. It can be concluded that the theme 2 thematic textbook always saves energy in class IV students able to improve scientific literacy and student learning outcomes in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abtokhi, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | bahan ajar; tematik; integrasi islam; ipa; literasi sains; hasil belajar; teaching materials; thematics; islamic integration; science; science literacy; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2020 09:14 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2020 09:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14821 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |