Wakhidah, Fitriyah Nur Hidayatul (2019) Implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik di MI Murni Sunan Drajat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan selalu mengalami perubahan di setiap waktu. Perubahan ini dilaksanakan dalam rangka menerapkan pendidikan yang bermutu. Pemerintah telah menetapkan kurikulum 2013 untuk diterapkan di sekolah. Kurikulum 2013 telah diterapkan menggunakan pendekatan Saintifik dengan mata pelajaran yang diintegrasikan (tematik). Keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 yang sebagian besar terletak pada kinerja guru sebagai salah satu faktor utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga dalam melaksanakan segala hal yang berhubungan dengan kurikulum 2013 perlu disiapkan dengan matang baik dari segi siswa maupun guru. Untuk itu diharuskan semua guru memiliki kompetensi.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui landasan implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik di MI Murni Sunan Drajat Lamongan (2) kompetensi guru yang diperlukan dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik di MI Murni Sunan Drajat Lamongan (3) implikasi dari implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik,di Mi Murni Sunan Drajat Lamongan.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, digunakan penelitian jenis kualitatif, dengan menggunakan pendekatan study kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disampaikan di sini bahwasannya, (1) Dalam landasan implementasi pembelajaran matematika kurikulum 2013 dikarenakan materi yang kurang relevan atau kurang terintegrasi dengan kehidupan nyata, kemampuan kognitif siswa, sehingga banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika (2) Dalam implemnetasi pembelajaran matematika kurikulum 2013 kelas IV di MI Murni Sunan Drajat, guru mempunyai 4 kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian (3) Implikasi dari implemantasi pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik diantaranya : adanya perubahan kegiatan belajar mengajar, adanya perubahan buku modul baik bagi siswa maupun guru dan guru merasa tidak kesulitan dalam mengembangkan materi.
ENGLISH:
Education always changes in every time. The change is implemented in order to adust a good quality education. The goverment has implemented curriculum 2013 for schools. Curriculum 2013 has implemented and used scientific approch with the subjects have integrated. The biggest portion of the succes of the implementation off the curriculum 2013 is the teacher in field of education. Therefor in order to do all the things that have correlation with the curriculum 2013 need to be well prepared by both of students and teachers. Therefor all the teachers need to have a good competens.
The goals of this study are : (1) to understand the reasons of the implemention of using scientific approach in field of mathematic studies in the Murni Sunan Drajat Lamongan elementary school. (2) the teachers’ competence that is needed in teaching mathematic. (3) implication of implementation in the teaching mathematic using scientific approach in elementary school Murni Sunan Drajat Lamongan.
In order to find out the goals of this study, this study used qualitative approach with case study, colecting the data by interviews, observations, and documentations.
results of this study are: (1) the reasons of implementation of mathematic subject using curriculum 2013 because of irrelevence studies or less intregated compared with their real life, students cognitive ability, therefor there are many students find difficulty in understanding mathematics studies. (2) the implementation of mathematic study using curriculum 2013 grade IV in elementary school, the teachers have four competence : pedogogic competence, social competence, professional competence and personality competence. (3) the implication of implementation in teaching mathematics using scientific approach : there is a change in teaching and learning activity, there is a change guidance book for teachers and students and the teacher do not find the dificulty in developing studies.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | matematika; pendekatan saintifik; mathematics; scientific approach | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2020 09:12 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2020 09:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14817 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |