Sulaiman, Mochammad Husain (2019) Persepsi guru terhadap buku ajar guru tematik kelas IV SD/MI kurikulum 2013 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Kecamatan Dau Kabuaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12140073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam pembelajaran. Kurikulum 2013 merupakan suatu kurikulum yang berbabasis kompetensi dan karakter, yang mampu membekali peserta didik dengan kemampuan berbagai sikap yang mampu menuntun peserta didik mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan teknologi yang ada sekarang ini. Persepsi guru terhadap buku ajar ditunjukkan untuk guru kelas IV SD/MI, tentunya dalam penyusunan dan pengerjaan yang di batasi oleh waktu. Sehingga banyak ditemukan buku ajar yang dimiliki guru yang tidak memenuhi syarat dari segi isi, bahasa, dan kegrafikan, misalnya mengandung salah konsep, penulisan notasi yang keliru, data yang tidak akurat, pesan yang tidak jelas, bahasa yang rancu, dan grafik yang kurang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan persepsi guru terhadap Buku ajar guru tematikkelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan se Kecamatan Dau Kabupaten Malang., (2) mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi guru terhadap buku ajar guru tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan se Kecamatan Dau Kabupaten Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuisioner. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Persepsi guru tentang kurikulum 2013 yang di dalamnya terdiri dari kulit buku, Bagian wal, bagian isi, dan bagian akhir 80% guru menyatakan bahwa kurikulu 2013 ini baik, namun 20% guru yang lain menilai kurang sempurna. Karena ada beberapa poin yang kurang terpenuhi. (2) Faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap buku ajar guru tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kecamatan Dau Kabupaten Malang dari internalnya adalah guru dan kepala sekolah, dan dari eksternalnya adalah dari dinas pendidikan Kabupaten Malang.
ENGLISH:
Teaching material is one component that plays an important role in learning. Curriculum 2013 is a curriculum that is based on competence and character, which is able to equip students with the ability of various attitudes that are able to guide students to follow the times and the demands of technology that exist today. Teachers' perceptions of textbooks are shown for grade IV SD / MI teachers, of course in the preparation and execution of time constraints. So that there are many teaching books that are owned by teachers who do not fulfill the requirements in terms of content, language, and graphics, for example, contain misconceptions, erroneous notation writing, inaccurate data, unclear messages, ambiguous language, and poor graphics .
The purpose of this study is to: (1) describe teacher perceptions of thematic teacher textbooks class IV SD / MI Curriculum 2013 Issue of the Ministry of Education and Culture in Dau District Malang Regency, (2) describe what factors influence teacher perceptions of teacher textbooks Thematic Class IV SD / MI Curriculum 2013 Published by the Ministry of Education and Culture in Dau District, Malang Regency.
To achieve the above objectives, a qualitative research approach is used with the type of descriptive research that is research that seeks to describe and interpret objects according to what they are. The key instrument is the researcher himself, and the data collection techniques used are observation, interviews, and questionnaires. Data is analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions.
The results showed that, (1) teachers' perceptions of the 2013 curriculum consisted of book skins, sections, content sections, and the final part of the majority of teachers tended to state that 2013 curricula were good, but a small number judged to be imperfect. Because there are some points that are not fulfilled. (2) Factors that influence teachers' perceptions of thematic teacher textbooks Class IV SD / MI Curriculum 2013 The publication of the Ministry of Education and Culture in Dau District, Malang Regency, is from teachers and principals, and from the external is from the education office of Malang Regency.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fitriah, Nurlaeli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | persepsi; buku tematik; kurikulum 2013; perception; thematic book; 2013 curriculum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 09:14 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 09:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14793 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |