Wulandari, Indah Dwi (2019) Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah NU Raudlatul Falah Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
121040109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan pencapaian siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, antara lain kecerdasan emosi dan motivasi belajar. Namun, seringkali hasil belajar dikaitkan dengan kecerdasan intelektual (IQ) yang dimiliki siswa, dan mengesampingkan beberapa kecerdasan lain yang menunjang penigkatan hasil belajar. Daniel Goleman mencetuskan teori bahwa adanya kecerdasan emosi yang ada dalam setiap siswa. Salah satu indikator dalam kecerdasan emosi adalah memotivasi diri sendiri. Oleh karena itu, pendidik juga harus berperan dalam meningkatkan kecerdasan emosi dan motivasi, agar terciptanya keharmonisan antara pengaruh lingkungan luar dan memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di MI NU Raudlatul Falah Turen; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MI NU Raudlatul Falah Turen; (3) Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MI NU Raudlatul Falah Turen.
Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post-facto, dengan pengumpulan data berupa angket dan menggunakan analisis SPSS 16.0. Penelitian ex post-facto menggunakan penyelidikan secara empiris dan sistematis, dimana peneliti tidak mempunyai kontrol langsung terhadap variabel-variabel bebas (independent variables).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh positif siginifikan antara kecerdasan emosi terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan hasil yang diperoleh yaitu t hitung 18,048 > 1,99444 t tabel, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan coefficient 1,529; (2) adanya pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, karena t hitung 2,911 > 1,99444 t tabel, dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dan coefficient 0,173; (3) adanya pengaruh positif signifikan antara kecerdasan emosi dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan f hitung 290, 543 > 3,13 f tabel dengan nilai signifikan < 0,05. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kecerdasan emosi dan motivasi belajar yang ada pada siswa, maka hasil belajar akan semakin baik pula karena adanya indikator-indikator penunjang hasil belajar dari variabel-variabel bebas (independent variables).
ENGLISH:
Learning outcomes are student achievements in the process of teaching and learning activities. Many factors influence learning outcomes, including emotional intelligence and learning motivation. However, often learning outcomes are associated with intellectual intelligence (IQ) that students have, and overrides some other intelligence that supports the improvement of learning outcomes. Daniel Goleman sparked the theory that there is emotional intelligence in every student. One indicator in emotional intelligence is motivating yourself. Therefore, educators must also play a role in improving emotional intelligence and motivation, so that the creation of harmony between the influence of the outside environment and maximize the potential of the students.
This study aims to explain: (1) the influence of emotional intelligence on student learning outcomes in MI NU Raudlatul Falah Turen; (2) the effect of learning motivation on student learning outcomes in MI NU Raudlatul Falah Turen; (3) Effect of emotional intelligence and learning motivation on student learning outcomes in MI NU Raudlatul Falah Turen
To achieve the objectives of the above research, this research was conducted using a quantitative approach with ex post-facto research, with data collection in the form of questionnaires and using SPSS 16.0 analysis. Ex post-facto research uses investigations empirically and systematically, where researchers do not have direct control of independent variables.
The results showed that: (1) there was a significant positive effect between emotional intelligence on student learning outcomes, evidenced by the results obtained, namely t count 18.048> 1.99444 t table, with a significance value of 0.000 <0.05 and coefficient 1.529; (2) there is a significant positive effect of learning motivation on student learning outcomes, because t count is 2.911> 1.99444 t table, with a significance value of 0.005 <0.05 and a coefficient of 0.173; (3) there is a significant positive influence between emotional intelligence and student learning motivation on student learning outcomes with f count 290, 543> 3.13 f table with a significant value <0.05. From the results of the analysis of the data, it can be concluded that the better the emotional intelligence and learning motivation that exists in students, the better the learning outcomes will be.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecerdasan emosi; motivasi belajar; hasil belajar; emotional intelligence; learning motivation; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2020 09:31 | ||||||
Last Modified: | 05 Mar 2020 09:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14778 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |