Wicaksono, Muhammad (2019) Manajemen layanan bimbingan dan konseling dalam peningkatan prestasi belajar akademik peserta didik MAN 2 Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15170014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling yaitu upaya mengelola pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan mendayagunakan semua sumber daya yang ada di sekolah melalui pengaturan dan pemungsian semua fungsi menejemen melalui koordinasi kepala sekolah dan kerjasama dari guru BK serta semua komponen sekolah.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)Untuk mengetahui Perencanaan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik MAN 2 Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik MAN 2 Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui Evaluasi Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik MAN 2 Kota Kediri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengecek dan memeriksa data dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Adapun analisis data dalam penelitian dimulai sebelum di lapangan, analisis data di lapangan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan adalah: (1) Perencanaan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik yaitu dengan rencana kegiatan perlu dijadwalkan ke dalam bentuk kalender kegiatan. Kalender kegiatan mencakup kalender tahunan, semesteran, bulanan , dan mingguan. (2).Pelaksanaan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik dilakukan secara observasi, checklist, wawancara serta kontak langsung dan tidak langsung. (3) Evaluasi Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik dengan ada 2 yaitu melalui proses dan hasil , Proses : bahwa penanganan layanan individu belum tentu langsung bisa terselesaikan perlu butuh waktu sedangkan hasil bisa dilihat dari lulusannya kalau diketahui outputnya baik maka keberhasilannya jelas.
ENGLISH:
The management of a guidance and counseling body, UDI manages the implementation of guidance and counseling by powering the resources that exist in the school through the arrangement and evacuation issues management through the school head BKKBN and From BK teachers and removing school components.
The purpose of this research is to describe: (1) to know the planning of the management of the body guidance and counseling in the improvement of academic learning performance of the learners of MAN 2 Kediri city. (2) To know the implementation of guidance and counseling management in the improvement of academic learning performance of the students of MAN 2 Kediri city. (3) To know the evaluation of the management of guidance and counseling in the improvement of academic learning performance of the students of MAN 2 Kediri city.
This research is qualitative descriptive research. For data collection techniques, researchers collect data through observation techniques, interviews, and documentation. As for checking and checking data from various data collection techniques and data sources, there is a researcher using the data triangulation technique. As for the analysis of data in the study began before in the field, analysis of data in the field, data reduction, data presentation and withdrawal of conclusions.
The results of research that researchers find are: (1) planning a management of the body guidance and counseling in the improvement of academic learning performance of the learners is with the planned activities need to be scheduled into the form of calendar activities. The calendar of events includes the Kraton, semiannual, Monthly, and weekly calendars. (2). Implementation of guidance and counseling management in the improvement of academic learning performance of students are performed in an observation, Checklist, interviews and direct and indirect contact. (3) Evaluation of body management guidance and counseling in improving the academic achievement of learners with there 2 is through the process and results, process: that can retail service is not necessarily immediately resolved need to need while Results can be seen from the graduates if known the output is good then clear success.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | manajemen; bimbingan dan konseling dan prestasi belajar; management; guidance and counseling and learning achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2020 11:41 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2020 11:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14764 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |