Kumairoh, Kumairoh (2019) Implementasi strategi pembelajaran kooperatif menggunakan teknik Picture And Picture dalam meningkatkan hasil belajar materi hijrah nabi Muhammad SAW ke Madinah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penggunaan strategi dan metode yang tepat dalam pembelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Guru harus mampu mengatasi segala kesulitan yang dialami oleh peserta didik serta mencari solusi kreatif untuk meningkatkan hasil belajar. Karena pembelajaran dianggap berhasil apabila peserta didik mampu menunjukkan adanya perubahan baik tingkah laku, berkomunikasi, pemahaman dan kemampuan berpikir. Untuk mengukur keberhasilan siswa sebagai hasil dari transfer pengetahuan yaitu dilakukan kegiatan penilaian. Kegiatan tersebut sangat diperlukan sebagai usaha tindak lanjut dan bukti keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengungkapkan perencanaan strategi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan teknik picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada materi hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. (2) mengungkapkan pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif menggunakan teknik picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada materi hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. (3) mengungkapkan hasil belajar materi hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif menggunakan teknik picture and picture kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian. Peneliti dapat terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga peran peneliti sebagai instrumen utama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran kooperatif menggunakan teknik picture and picture meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan media dan sumber belajar, lembar kerja siswa dan menyiapkan soal tes (2) pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif menggunakan teknik picture and picture berjalan sesuai rencana pembelajaran yaitu dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. (3) Hasil belajar siswa meningkat, dari pre test, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata peserta didik setiap siklusnya dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu dari 63 pada hasil pre tes, menjadi 71 pada siklus I, dan menjadi 80 pada siklus II.
ENGLISH:
The use of appropriate strategies and methods in learning will affect the learning outcomes of students. The teacher must be able to overcome all the difficulties experienced by students and find creative solutions to improve learning outcomes. Learning is considered successful if students are able to show a change in behaviour, communication, understanding and thinking ability. To measure student success as a result of knowledge transfer, assessment activities are carried out. These activities are very necessary as a follow-up effort and evidence of the success of the learning process carried out by teachers and students.
The aims of this research is: (1)to reveal the planning of cooperative learning strategies by using picture and picture techniques to improve learning outcomes in the subject of the migration of the Prophet, Muhammad to Medina in class VII students of SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. (2) to reveal the implementation of cooperative learning strategies using picture and picture techniques to improve learning outcomes in the material of the migration of the Prophet Muhammad to Medina in class VII students of SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. (3) to reveal the learning outcomes in the material of migration Prophet, Muhammad to Medina using of cooperative learning strategies picture and picture techniques class VII students of SMP Negeri 1 Beji Pasuruan.
To achieve the aims, this research used a qualitative approach. The type of approach is Classroom Action Research (CAR) which carries out two research cycles. The researcher is directly involved in the learning process. So that, the role of the researcher is as the main instrument. The data collection techniques used are observation, written test, interview, and documentation. The data is analyzed by reducing data, describing data and drawing conclusions.
The results of the study shows that: (1) cooperative learning planning uses picture and picture techniques including the preparation of learning implementation plans, preparing media and learning resources, student worksheets and preparing test questions (2) implementation of cooperative learning strategies using picture and picture techniques as planned learning is done in two cycles, each cycle consisting of two meetings. (3) Student learning outcomes increase, from pre test, cycle I and cycle II. The average value of students in each cycle from pre-test to cycle I and cycle II is from 63 in the pre-test results, to 71 in the first cycle, and to 80 in the second cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi pembelajaran; teknik picture and picture; hasil belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2020 15:29 | ||||||
Last Modified: | 29 Jan 2020 15:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14733 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |