Hidayah, Dini Nur (2019) Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi sebagai variabel interverning: Studi kasus pada PT. Dinamika Karya Persada. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15510148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam menghadapi era globalisasi dan perkembangan dunia bisnis, perusahaan dituntut untuk selalu dapat bertahan dalam persaingan yang semakin kompetitif. Dalam pemenuhan tuntutan tersebut perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan karyawan yang cakap melalui sebuah proses selektif sesuai kebutuhan perusahaan. Sumber daya manusia merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh setiap perusahaan. Apabila diselaraskan dengan era modern saat ini, sumber daya manusia dapat dipastikan memegang peranan penting guna menghadapi persaingan yang ada. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan guna meningkatkan kualitas kinerja karyawan salah satunya adalah dengan melaksanakan program pelatihan serta pemberian motivasi secara berkala.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Dinamika Karya Persada Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 99 responden dengan menggunakan rumus proporsi slovin dan menggunakan analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji Path Analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel pelatihan (X) terhadap variabel kinerja karyawan (Y) dengan variabel motivasi (Z) sebagai variabel interverning pada PT. Dinamika Karya Persada Pasuruan.
Hasil pengujian pengaruh antara variabel Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0.316 dan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan (p < 0.05) antara variabel Pelatihan terhadap Kinerja karyawan, artinya bahwa tingginya Pelatihan akan berdampak atau berpengaruh terhadap tingginya Kinerja karyawan.
Hasil pengujian antara Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan melalui motivasi sebagai variabel interverning diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0.260 dan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan (p < 0.05) antara variabel Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Mwlalui Motivasi sebagai variabel interverning yang artinya bahwa tingginya Pelatihan akan berdampak terhadap Kinerja secara tidak langsung melalui Motivasi.
ENGLISH:
To face globalization era and developed business world, the firm is demanded to always be able to survive on competition which is more and more competitive. To meet the demand, the firm has to undertake various attempts to obtain skillful employee through a selective process which is appropriate with the firm need. Human recourses are one of the worth asset owned by each firm. If it is accordance with modern era nowadays, for sure human resources can be important role to face competition. The attempt that can be done by firm to increase employee performance quality is to commit training program as well as giving motivation periodically.
The study was undertaken at PT. Dinamika Karya Persada of Pasuruan. The study used qualitative research type. The sample were taken amount of 99 respondents with using slovin proportion formula and using data analysis such as validity test, rehabilitation test, normality test, linarites test, and Path Analysis test. The purpose of study is to find out the direct and indirect influences between training variable (X) toward employee performance variable (Y) with motivation variable (Z) as intervening variable at PT. Dinamika Karya Persada of pasuruan.
The test result of influences between training variable toward employee performance was obtained coefficient value amount of 0.316 and significant value amount 0.000. This thing showed that the existence of significantly positive influences (p<0.05) between training variable toward employee performance which mean that the high training will affect and influence toward the high employee performance.
The test result between training toward employee performance through motivation as variable intervening was obtained coefficient value amount 0.260 and significance value amount 0.000. This showed that employee performance through motivation as variable intervening means that the high training will affect to performance through motivation indirectly.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mukaffi, Zaim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pelatihan; kinerja karyawan; motivasi; training; employee performance; motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2019 10:02 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2019 10:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14721 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |