Muzakki, Fikri Husani (2019) Pengaruh merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian laptop Acer pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14510107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Persaingan didunia PC laptop saat ini semakin berkembang pesat, hal tersebut dikarenakan munculnya banyak brand baru yang siap mengancam brand lama dalam industri ini serta kebutuhan konsumen yang semakin bervariasi dan kompleks. Acer sebagai salah satu brand terkemuka dalam industri ini berhasil meraih penghargaan nomor satu Top of Mind pada kategori PC dan laptop. Namun disisi lain mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang yang pernah menggunakan dan sedang menggunakan laptop Acer. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner disebarkan langsung ke sampel sebanyak 110 mahasiswa. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan pengujian hipotesis uji statistik f dan t. Sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, beserta uji asumsi klasik terhadap data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek dan desain produk berpengaruh simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai Fhitung sebesar 116,604. Dan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel Merek dengan memiliki kontribusi sebesar 64,16 %.
ENGLISH:
Competition in the laptop PC world is currently growing rapidly, this is because the emergence of many new brands that are ready to threaten the old brand in this industry and the increasingly varied and complex consumer needs. Acer as one of the leading brands in the industry won the Top of Mind number one award in the PC and laptop category. But on the other hand there has been a significant decline in sales in recent years.
The sample of this study was students of the Faculty of Economics, Malang State Islamic University who had used and were using an Acer laptop. The sampling technique is done by accidental sampling method. Data collection was conducted using a questionnaire distributed directly to a sample of 110 students. The analytical method in this study uses Multiple Linear Regression Analysis by testing statistical test hypotheses f and t. Previously tested the validity and reliability, along with the classic assumption test on the research data.
The results showed that the brand and product design had a simultaneous and partial effect on purchasing decisions with a significance value of 0,000 and a calculated F value of 116,604. And the dominant variable influencing the purchasing decision is the Brand variable with a contribution of 64.16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | merek; desain produk; keputusan pembelian; brand; product design; purchase decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2019 15:11 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2019 15:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |