Aminah, Mudrikatul (2019) Penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi salat jamak dan qasar kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110012 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran merupakan kegiatan utama yang dilakukan di sekolah. Komponen dalam pembelajaran tersebut meliputi: tujuan, metode, materi dan evaluasi. Untuk dapat melaksanakan empat komponen tersebut guru mempunyai peran penting. Guru tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar akan tetapi guru juga harus memperhatikan dalam memilih dan menentukan metode, strategi, media dan pendekatan yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran saat ini yaitu pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang menggunakan langkah-langkah ilmiah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Dengan pendekatan saintifik siswa diharapkan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan pendekatan saintifik pada materi salat jamak dan qasar di SMPN 1 Beji -Pasuruan, (2) mendeskripsikan proses penerapan pendekatan saintifik pada materi salat jamak dan qasar di SMPN 1 Beji-Pasuruan, (3) mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan saintifik pada materi salat jamak dan qasar di SMPN 1 Beji-Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jenis kolaboratif yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu melakukan (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan persiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran dan skenario pembelajaran, (2) proses penerapan pendekatan saintifik dilakukan dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2x pertemuan. Penerapan pendekatan saintifik berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh peneliti. (3) hasil penerapan pendekatan saintifik mengalami peningkatan dari pre test ke siklus I dan siklus II. Hasil nilai rata-rata pre test yaitu 66,85. Untuk nilai post test siklus I rata-rata nilai siswa adalah 73,70. Selanjutnya pada siklus II, rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan yaitu 88,29.
ENGLISH:
Learning is the main program that is held in a school. The components for learning are aims, methods, lesson, and evaluation. To implement the four components, teachers have the big role. Teachers are not only required to be selective in choosing and determining the method, strategy, media, and the approach that is used in learning process. An approaches that is used in learning process, nowadays is scientific. Scientific approach is a learning process that is used scientific steps. They are observing, asking, collecting information, associating and communicating. With a scientific approach, students are expected to be actively involved in the learning process.
The aims of this study are to: (1) describe the planning process of the scientific approach to plural prayer and qasar material at Beji-Pasuruan 1 Public Middle School, (2) describe the process of applying the scientific approach to plural prayer and qasar material at Beji-Pasuruan 1 Public Middle School (3 ) describe the results of applying the scientific approach to the material of plural and qasar prayers at Beji-Pasuruan 1 Public Middle School.
To achieve the aims of the study, Classroom Action Research was used with a collaborative type which is carried out in two research cycles. Each cycle has four stages, namely (1) action planning, (2) implementation of actions, (3) observation, and (4) reflection. Data collection techniques used are: observation, interviews, documentation and measurement of learning outcomes tests.
The results shows that, (1) the learning planning process using a scientific approach. It includs the preparation of plans for the implementation of learning, and preparation of media and learning resources, learning assessment tools and learning scenarios, (2) the process of applying the scientific approach using two cycles. Each cycle consists of 2x meetings. The application of the scientific approach goes according to what was planned by the researcher. (3) the results of applying the scientific approach have increased from pre test to cycle I and cycle II. However, the results of the pre test average value are 66.85. For the post test value of the first cycle, the average score of students is 73.70. Then, in the second cycle, the average value of students experienced a very increase, namely 88.29.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendekatan saintifik; prestasi belajar; scientific approach; learning achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2019 13:22 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2019 13:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14481 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |