Rozaqtana, Syahdean Awifa (2019) Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan sangat penting bagi setiap manusia tidak terkecuali bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Perbedaan dengan anak-anak pada umumnya membuat pendidikan yang diberikan tidak dapat dikejar melalui kelas reguler dengan metode standar. Anak berkebutuhan khusus biasanya akan merasa tertekan, malu dan dibayangi masa depan yang suram. Mereka akan cenderung tertutup dan menarik diri dari pergaulan. Mereka cenderung memilih berinteraksi dengan orang-orang yang dianggap senasib. Anak berkebutuhan khusus membutuhkan penanganan khusus serta peranan lebih dari seorang pendidik.
Berangkat dari sinilah penulis ingin membahas dalam penelitian dan mengambil judul Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMP Muhammadiyah 2 Malang, bagaimana problematika yang dihadapi, dan solusinya.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Di dalam penelitian menggunakan analisis data deskriftif dimana data akan dikelompokkan dan diolah sehingga data tersebut menggambarkan keadaan yang ada di lapangan dan menjawab masalah yang diteliti. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap pendahuluan, guru PAI memulai pelajaran dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti kerapian tempat duduk, kebersihan kelas, kesiapan peserta didik, dan absensi. 2) Tahap belajar mengajar, guru PAI menggunakan strategi ekpositori yaitu guru merupakan pengolah utama dalam penentuan bahan dan sumber belajar, dimana strategi tersebut digabungkan dengan strategi discovery. 3) Tahap evaluasi, guru PAI menjadikan perubahan tingkah laku sebagai tolak ukur utama dalam evaluasi yang dilakukan karena perbedaan tingkat kesulitan belajar, pemahaman materi, dan respon yang ditumbulkan masing-masing anak. 4) Guru PAI menemukan beberapa masalah seperti susahnya interaksi sosial Anak berkebutuhan Khusus, kecenderungan menarik diri dari pergaulan, dan penurunan fokus serta perubahan perilaku yang signifikan. 5) Solusi yang didapatkan yaitu guru berusaha mengajak peserta didik untuk berkomunikasi dengan berbagai cara, menciptakan suasana belajar yang nyaman, dan mendampingi peserta didik agar mereka menjadi lebih fokus dalam belajar.
ABSTRACT
Education is very important for every human being, including children with special needs. The Differences with a normal child make the education provided cannot be pursued through regular classes with standard methods. Children with special needs usually feel depressed, embarrassed and shadowed by a gloomy future. They will tend to be closed and withdraw from the association. They tend to choose to interact with people who are considered the same boat. Children with special needs need special handling and more role from the educator.
The writer would like to discuss the research and take the title “The strategy of Islamic education teachers to improve learning motivation for ABK Student (Children with special needs) in SMP Muhammadiyah 2 Malang”. The purpose of this study was to describe the strategies of PAI teachers in increasing the learning motivation of ABK students (Children with Special Needs) in SMP Muhammadiyah 2 Malang, how the problems encountered, and the solutions.
The model used in this study is qualitative using interview, observation, and documentation. In the study using descriptive data analysis where the data will be grouped and processed so that the data describes the conditions that exists in the field and answers the problem under study. While this type of research is descriptive qualitative research with a case study approach.
The results of the study indicate that: 1) The preliminary stage, PAI teachers begin the lesson by paying attention to small things such as seating neatness, class cleanliness, students' readiness, and attendance. 2) The teaching and learning phase, PAI teachers use the repository strategy which is the teacher is the main processor in determining learning materials and sources, where the strategy is combined with discovery strategies. 3) Evaluation stage, PAI teachers make changes in behavior as the main benchmark in the evaluation carried out due to differences in the level of learning difficulties, understanding of the material, and responses that each child grows. 4) PAI teachers find several problems such as the difficulty of social interaction of Children with Special Needs, the tendency to withdraw from association, and the decrease in focus and significant behavioral changes. 5) The solution obtained is that the teacher tries to invite students to communicate in various ways, create a comfortable learning atmosphere, and assist students so that they become more focused on learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | anak berkebutuhan khusus; motivasi belajar; children with special needs; learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2019 11:10 | ||||||
Last Modified: | 14 May 2023 16:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14463 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |