Luthfiyah, Fuadiyatul (2019) Korelasi antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosial siswa di MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Setiap manusia dapat dikatakan sebagai makhluk sosial karena mereka hidup dengan berinteraksi dan selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Karena itulah yang mendorong manusia agar memiliki kemampuan bersosial untuk melakukan interaksi dengan orang lain di dalam lingkungannya. Begitu pula dengan siswa dalam penelitian ini, mereka melakukan interaksi sosial dengan siswa lain di sekolah. Namun, ada beberapa fenomena yang ditemukan oleh peneliti berupa kecenderungan/kebiasaan siswa saat melakukan interaksi sosial. Yaitu terjadinya beberapa kesenjangan kemampuan bersosial antar siswa di MAN 1 Gresik. Oleh karena itu untuk meminimalisisr dan agar para siswa memiliki kemampuan bersosial yang baik, maka dalam interaksi sosial tersebut dibutuhkan adanya kemampuan kecerdasan emosional yan harus dimiliki oleh setiap siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Seberapa Besar Tingkat Kecerdasan Emosional dan Tingkat Kemampuan Bersosial pada siswa di MAN 1 Gresik. Selain itu juga untuk mengetahui ada tidaknya Korelasi/Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosial pada siswa di MAN 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Simple Random Sampling dengan mengambil sampel sebanyak 88 siswa dari kelas X dan kelas XI di MAN 1 Gresik. Dengan menggunakan satu Variabel Bebas yaitu Kecerdasan Emosional dan satu Variabel Terikat yaitu Kemampuan Bersosial. Dalam pengumpulan data menggunakan metode skala yang dianalisis menggunakan SPSS 20.00 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Kecerdasan Emosional pada siswa di MAN 1 Gresik adalah sebanyak 15% pada kategori baik, 76% pada kategori cukup, dan 9% pada kategori kurang. Kemudian Tingkat Kemampuan Bersosial pada siswa MAN 1 Gresik adalah sebanyak 9% pada kategori baik, 86% pada kategori cukup, dan 5% pada kategori kurang. Analisis Korelasi menggunakan Rumus Product Moment dari Pearson yang menunjukkan adanya Hubungan Positif yang Signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosial pada subjek yang ditunjukkan dengan nilai Koefisien Korelasi sebesar 0,826 serta Nilai Probabilitas Sig. sebesar 0,000 < 0,05.
ENGLISH:
Every human can be classified as social creature because they live, interact and need each other in most of all aspects. Because of that, it encourages people to have social ability to interact with other people in their environment. It is as in this study, the students are each other engage social interaction at school. However, there are some phenomena that the researcher found such as the students’ habit of conducting social interaction; it included the discrepancy of students’ ability to engage social interaction in MAN I Gresik. In addition, to minimalize the discrepancy and encourage the students of having good social skills, therefore each student are required to have emotional intelligence.
This study aimed to know the level of emotional intelligence and the social ability of the students on MAN I Gresik. Besides, it also aimed to identify whether there was or no the correlation between emotional interaction and students’ social ability on MAN I Gresik. Then, this study utilized quantitative research design. The sample of data collection of this study used simple random sampling technique by utilizing 88 students of X and XI grade in MAN I Gresik. By one independent variable was emotional intelligence and one bound variable was social ability. Then, the process of collecting the data used scale method and was analyzed by using SPSS 20.00 for windows.
This study resulted that the students’ emotional intelligence in MAN I Gresik was 15% classified on Good, 76 % was enough and 9 % categorized as less. Then, on the level of students’ social ability on MAN I Gresik was 9 % as on Good, 86 % was on enough and 5 % was on less. The correlation analysis used product moment formula from Pearson concept showed that there was significant positive correlation between emotional intelligence and social ability of the participant that can be described as coefficient score was 0, 826 and Sig probability score was 0,000< 0, 05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecerdasan emosional; kemampuan bersosial; emotional intellegence; social ability | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2019 13:45 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2019 13:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14431 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |