Haq, Robbi Arinal (2019) Implementasi metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam di SMPN 07 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110232.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik yang beragama islam dan juga sangat penting untuk peserta didik agar mereka mampu mengetahui, memahami serta mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang didalamnya memuat AL-Qur’an, al-hadist, keimanan, Akidah akhlak, fiqih/ibadah, dan sejarah Islam. Banyaknya materi yang penyampaiannya menggunakan metode ceramah menjadikan para siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam kegiatan belajar. Masalah-masalah ini dapat berdampak pada hasil prestasi belajar siswa yang rendah.
Dalam pelaksanaan pembelajarannya, SMPN 07 Malang menerapkan suatu pendekatan yaitu dengan cara mengimplementasikan metode Jigsaw Learning yang berisi bagaimana cara-cara dalam melakukan berdiskusi kelompok dengan teman yang lainnya dimana perwakilan kelompok atau yang disebut ketua kelompok mengajarkan materi yang sudah diajarkan dari penjelasan gurulalu diterapkan kedalam masing-masing kelompok guna melakukan kerja sama membahas materi yang akan dipelajari bersama. Oleh sebab itu, dalam penggunaan metode ini diharapkan bisa mengacu siswa menjadi lebih aktif dan berinovatif.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui merencanakan penerapan metode Jigsaw Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Mengetahui bahwa implementasi metode Jigsaw Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Metode penelitian yamg dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tahapan-tahapan Implementasi Metode Jigsaw Learning tertuang dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (2) implementasi Metode Jigsaw Learning di SMPN 07 Malang (diskusi/kerja kelompok, presentasi, dan tutoring teman sebaya) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa karena secara keseluruhan prestasi belajar siswa berada di atas rata-rata.
ABSTRACT
Islamic Religion Subject is one of the compulsory subjects which Muslim students studied and also very important for them so they are able to know, understand and practice the teachings of Islam in everyday life. Islamic Religion subject contains the Qur'an, al-hadith, faith, morality, fiqh / worship, and Islamic history. The amount of material usually using the teacher center method so students feel bored and are less active in learning activities. These problems can affect the results of low student learning achievements. In the implementation of learning, SMPN 07 Malang applies an approach, namely by implementing the Jigsaw Learning method which contains how to do group discussions with other friends where the group representative or the group leader teaches the material that has been taught from the teacher's explanation and then applies it to each group then working together on discussing the material to be studied together. Therefore, using this method it can refer to students becoming more active and innovative . The objectives of this study are: (1) To find out how to plan the application of the Jigsaw Learning method in Islamic Religion subjects, (2) To knows the implementation of the Jigsaw Learning method on Islamic Religion subject to improve student achievement.
The research method used in this study was a descriptive qualitative research method for analyzing data in the form of sentences or words. Data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis by collecting data, reducing data, presenting data and presenting conclusions.
The results showed that: (1) The steps of the Implementation of the Jigsaw Learning Method contained in the Learning Implementation Plan (2) the implementation of the Jigsaw Learning Method in SMPN 07 Malang (discussion / group work, presentation, and peer tutoring ) were able to improve student learning achievement because overall students achievement is above average.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hambali, Muh. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode jigsaw learning; prestasi hasil belajar; jigsaw learning method; student achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2019 15:32 | ||||||
Last Modified: | 12 May 2023 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14417 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |