Afiyah, Isnainil (2019) Implementasi nilai-nilai akhlak di Pondok Pesantren Kyai Mojo Tambakberas Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14110171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penanaman nilai-nilai akhlak sangat penting diterapkan dalam dunia pendidikan, salah satunya di dalam pondok pesantren yang sangat ditekankan nilai-nilai akhlak sampai saat ini. Didalam pondok pesantren para santri senantiasa dibiasakan untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah baik dalam proses pembelajaran, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga para santri dapat menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah sebagai bekal kehidupannya di masa depan dan dalam kehidupan bermasyarakat kelak.
Tujuan penelitian di Pondok Pesantren Kyai Mojo Tambakberas Jombang adalah: (1) memahami nilai-nilai akhlak yang ada dan implementasinya di pondok pesantren Kyai Mojo tambakberas Jombang, (2) memahami faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai akhlak di pondok pesantren Kyai Mojo tambakberas Jombang.
Untuk tercapainya tujuan penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang terkumpul di analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan.
Hasil penelitian di Pondok Pesantren Kyai Mojo tambakberas Jombang, menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Akhlak yang ada di Pondok Pesantren Kyai Mojo, yaitu: Iman kepada Allah, Berlaku Jujur, Menunaikan amanat, Ikhlas, Ni’mat bicara dan Adabnya, Penyantun dan Sabar. Implementasi nilai-nilai akhlakdi Pondok Pesantren Kyai Mojo, yaitu Melalui kegiatan-kegiatan di pondok pesantren dan melalui kehidupan sehari-hari di pondok pesantren. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai akhlak di pondok pesantren Kyai Mojo, antara lain, faktor pendukung, yaitu: Dari penerapan pembelajaran, dorongan dari individu santri untuk berakhlak yang baik, motivasi dari orang tua, dan tauladan yang baik dari ustadz/ustadzah. Faktor penghambat, yaitu: Santri yang malas dalam mengikuti kegiatan, Kurangnya dukungan dari orang tua, pengaruh teman yang kurang baik akhlaknya dari luar lingkungan pondok pesantren, penyalahgunaan penggunaan internet (media sosial), dan Kurangnya pengawasan dan keteladanan secara langsung oleh pengasuh.
ENGLISH:
Planting moral values is very important to be applied in the word od education, one of that is a moral value which is emphasizes at the islamic boarding school up to now. In pesantren, santri are always accustomed to do the values of akhlaqul karimah both in the learning process, and in everyday life. So that the santri can apply the values of akhlaqul karimah as a provision for their lives in the future and in their social life.
The research objectives at the Kyai Mojo Tambakberas Jombang Islamic Boarding School are: (1) to understand the existing moral values and their implementation in the Kyai Mojo Tambakberas Jombang Islamic boarding school, (2) to understand the supporting factors and inhibiting the implementation of moral values in Kyai Mojo Islamic boarding school Tambakberas Jombang.
For the attaninment of the research objectives, this research used descriptive qualiative approach with the data collection techniques applied were observation, interview and documentation. Afterward, the collected data were analyzed by data reduction stage, data presentation, and the last stage was verification or drawing conclutions.
The results of the study at the Islamic Boarding School Kyai Mojo Tambakberas Jombang, showed that: (1) Moral values that exist in Kyai Mojo Islamic Boarding School, namely: Faith in God, Acting Honestly, fulfilling the mandate, Sincerity, Ni'mat talking and His Adab, Penyantun and Patience. Implementation of moral values in Kyai Mojo Islamic Boarding School, namely through activities in Islamic boarding schools and through daily life in Islamic boarding schools. (2) Supporting and inhibiting factors for the implementation of moral values in Kyai Mojo Islamic boarding school, among others, are supporting factors, namely: From the application of learning, encouragement from individual students to have good character, motivation from parents, and good example from religious teacher / ustadzah. Inhibiting factors, namely: Santri who are lazy in participating in activities, Lack of support from parents, the influence of friends who are less good morals from outside the boarding school environment, abuse of internet use (social media), and Lack of supervision and exemplary directly by caregivers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | nilai-nilai akhlak,; santri; pondok pesantren; moral values; islamic boarding schools | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2019 14:27 | ||||||
Last Modified: | 19 Jul 2019 14:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14414 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |