Zahroh, Siti Maimunatuz (2019) Pengaruh kompetensi guru akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di Man Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kompetensi guru merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru mengenai prilaku, pengetahuan, dan ketrampilan yang menjadikannya sebagai guru profesional. Kompetensi guru Akidah Akhlak menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2010 terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi spiritual, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepemimpinan. Sedangkan karakter siswa berkaitan dengan akhlak, perilaku, dan moral yang membedakan siswa satu dengan yang lainnya. Komponen karakter menurut Thomas Lickona terdiri dari moral knowing, moral feeling, moral behavior. Sedangkan faktor pembentukan karakter siswa terdiri dari faktor Internal dan Eksternal. Faktor eksternal salah satunya yaitu sekolah, dalam hal ini berkaitan dengan kompetensi guru Akidah Akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kompetensi guru Akidah Akhlak di MAN Kota Batu, 2) mendeskripsikan karakter siswa MAN Kota Batu, 3) mengetahui pengaruh kompetensi guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di MAN Kota Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Dalam penelitian ini melibatkan 90 siswa sebagai responden. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan quesioner (angket).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi guru Akidah Akhlak berada pada kategori baik dengan prosentase sebesar 48%. 2) Karakter siswa MAN Kota Batu berada pada kategori baik dengan prosentase sebesar 47%. 3) terdapat pengaruh kompetensi guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh hasil R sebesar 0.321 dan R Square 0.103. Artinya korelasi antara variable sebesar 0.321 dan pengaruh antar variable sebesar 10.3%. Jadi pada penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak , hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di MAN Kota Batu. Dan pembentukan karakter siswa MAN Kota Batu didominasi oleh variabel atau faktor lain.
ENGLISH:
Teacher competency is the ability that must be possessed by the teacher regarding the behavior, knowledge, and skills to make a professional teacher. Akidah Akhlak teacher competency according to Minister of Religion Regulation Number 16 of 2010 consists of pedagogic competencies, personality competencies, spiritual competencies, professional competencies, social competencies, and leadership competencies. Meanwhile, the character of students is related to morals, behavior, and morals that distinguish students from one another. According to Thomas Lickona, the component of character consists of moral knowing, moral feeling, and moral behavior. While the character formation factor of students consists of internal and external factors. One of the external factors is the school, in this case, is related to the competence of Akidah Akhlak teachers.
This study aims to: 1) describe the competence of Akidah Akhlak teachers in MAN Batu City, 2) describing the character of students of MAN Batu City, 3) knowing the effect of the competence of Akidah Akhlak teachers on the formation of student character in MAN Batu City.
This study uses a quantitative approach to correlational research methods. While the sampling technique is using non probability sampling with sampling using saturation sampling. In this study involved 90 students as respondents. The research instrument used is the questionnaire.
The results of the study indicate that: 1) Akidah Akhlak teacher competencies are in a good category with a percentage of 48%. 2) The character of MAN Batu City students are in a good category with a percentage of 47%. 3) there is the influence of the Akidah Akhlak teacher competency on the formation of student character based on the results of the correlation test obtained R results of 0.321 and R Square 0.103. Therefore, in this study Ha is accepted and H0 is rejected. The results of testing the hypothesis can be concluded that there is a significant positive effect on the competence of Akidah Akhlak teachers on the formation of student character in MAN Batu City, and the formation of student character in MAN Batu City is dominated by variables or other factors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kompetensi guru; karakter siswa; teacher competensy; student character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2019 14:01 | ||||||
Last Modified: | 19 Jul 2019 14:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14412 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |