Dzulfikar F, Syauqi (2019) Implementasi pembelajaran berbasis reward and punishment terhadap peningkatkan motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa adalah faktor psikologis (kepribadian siswa). Sehingga wajar kalau siswa dalam suatu kelas memiliki berbagai macam karakteristik yang berbeda-beda. Ada beberapa siswa yang rajin dalam belajar dan siswa yang patuh terhadap guru, ada juga siswa yang sering melakukan pelanggaran atau kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Perhatian dan motivasi merupakan prasyarat utama dalam proses belajar-mengajar. Tanpa adanya perhatian dan motivasi hasil belajar yang dicapai siswa tidak akan optimal. Seorang guru dalam memberi penguatan pada siswa yaitu dengan memberikan reward (ganjaran) and punishment (hukuman), yang merupakan suatu cara dalam pendidikan yang berfungsi sebagai motivasi siswa dalam proses pembelajaran.
Berangkat dari permasalahan tersebut, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 3) Bagaimana implikasi pelaksanaan pembelajaran dengan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 3) Untuk mendeskripsikan implikasi pelaksanaan pembelajaran dengan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk memahami dan mengamati fenomena yang sedang terjadi di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikas data.
Adapun hasil penelitian implementasi pembelajaran berbasis reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta menunjukkan bahwa: di awal pertemuan guru membuat kesepakatan dengan siswa terkait dengan implementasi reward and punishment. Reward yang diberikan berupa pujian, tepuk tangan, pemberian jempol, dan nilai plus. Punishment yang diberikan berupa hukuman untuk bersih-bersih masjid, kamar mandi, taman dilingkungan sekolah, dan menulis surat-surat pendek. Hasil dari implementasi reward and punishment yaitu 1) tingkat perhatian siswa terhadap pembelajaran meningkat, 2) tingkat keyakinan siswa terhadap kemampuan dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran, 3) tingkat kepuasan siswa dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, 4) menentukan perbuatan yang harus dilakukan.
ENGLISH:
The humans’ ability to learn is a main characteristic that distinguishes man from other creatures. The factor affecting students’ learning is a psychological factors (personality of students). So it is natural thing that students in a class have a wide range of different characteristics. There are several kinds of students’ characteristics such as diligence of learning, obedience, and even disobedience. Therefore, attention and motivation are the main condition in teaching and learning process. Without them, the learning outcomes achieved by students will not be optimal. Students’ reinforcement can be in the form of giving rewards and punishment which is used as motivation in the learning process.
Based on those problems, the focus of the problems taken in this study are: 1) How to plan reward and punishment learning to increase students' motivation to study Islamic Education in SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 2) How to implement learning with reward and punishment to increase students 'motivation to study Islamic Education in SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 3) What are the implications of implementing reward and punishment learning to increase students' motivation to study Islamic Education in SDI Al-Achpas Dwi Jakarta Matra. The objectives to be achieved in this study are: 1) To describe the planning of learning with reward and punishment to increase students' motivation to study Islamic Education in SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 2) To describe the implementation of learning with reward and punishment to increase students' motivation to study Islamic Education in SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta, 3) To describe the implications of implementing reward and punishment learning to increase student motivation to study Islamic Education in SDI Al-Achpas Dwi Matra Jakarta.
The approach used in this study was a descriptive qualitative which describe and interpret the phenomenon happening at SDI Al-Achpas Dwi Matra, Jakarta. Observation, interview and documentation were used as the data collection techniques while data reduction, presentation and verification were applied as the data analysis.
Previously, in the beginning of the meeting, the teacher made a deal with the students involved in this study. Reward was given in the form of praise, applause, giving a thumbs up, and a plus while punishment was given in the form of punishment to clean mosques, bathrooms, garden school environment, and write a short letter. Furthermore, the results of this study showed that 1) the level of students’ learning attention increased, 2) the confidence in doing improved, 3) the satisfaction of learning process was reached, and 4) several actions were taken appropriately.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | reward and punishment; motivasi belajar; learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2019 14:45 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2019 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14408 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |