Nuzula, Jannatul Firdausi (2019) Pengaruh sikap cinta ilmu dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VII di SMP Wahid Hasyim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15130032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Saat ini, pendidikan di Indonesia masih beriorientasi pada pemahaman materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan kurang diterapkan dalam kehidupan nyata yang mengakibatkan mulai lunturnya karakter bangsa Indonesia. Padahal kurikulum 2013 menegaskan bahwa kompetensi yang harus dicapai siswa mencakup tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, siswa tidak mampu mengandalkan kecerdasan intelektual saja melainkan kecerdasan lain yang mendukung, misalnya kecerdasan interpersonal untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menjelaskan pengaruh sikap cinta ilmu terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Wahid Hasyim Malang, (2) Menjelaskan pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar belajar IPS siswa kelas VII di SMP Wahid Hasyim Malang, dan (3) Menjelaskan pengaruh sikap cinta ilmu dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar belajar IPS siswa kelas VII di SMP Wahid Hasyim Malang.
Untuk menjawab tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif atau explanatory, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan dan pengaruh dari beberapa variabel bebas dan variabel terikat melalui pengujian hipotesis dalam penelitian. Penelitian ini mengambil seluruh populasi siswa kelas VII di SMP Wahid Hasyim Malang Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 75 sebagai responden penelitian. Oleh karena seluruh populasi diambil sebagai responden, maka peneliti tidak memerlukan teknik pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan nilai raport UTS. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan analisis uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sikap cinta ilmu diperoleh nilai thitung (1,142) < t tabel (1,993) dan taraf signifikansi sebesar 0,257 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, sikap cinta ilmu tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (2) Kecerdasan interpersonal diperoleh nilai thitung (1,171) < t tabel (1,993) dan taraf signifikansi sebesar 0,246 > 0,05, maka H0 diterima dan Haditolak. Artinya, kecerdasan interpersonal tidak berpengaruh positif dan signifikan antara terhadap hasil belajar a, dan (3) Diperoleh nilai Fhitung (3,26) < F tabel (3,12) dan taraf signifikansi sebesar 0,04 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, sikap cinta ilmu dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,083. Angka ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh kedua variabel bebas tersebut terhadap hasil belajar siswa sebesar 8,3%.
ENGLISH:
At present, education in Indonesia is still oriented towards understanding Social Sciences subject matter and is less applied in real life which results in the fading of the Indonesian people’s character. Even though the 2013 curriculum confirmed that the competencies students must achieve include three domains, namely attitudes, knowledge, and skills. Therefore, students are not able to rely on intellectual intelligence alone but other supporting intelligence, such as interpersonal intelligence to improve student learning outcomes.
The purpose of this research was to: (1) Explain the influence of love attitude on science to learning outcomes in social studies class VII in SMP Wahid Hasyim Malang, (2) Explain the influence of interpersonal intelligence to learning outcomes in social studies class VII in SMP Wahid Hasyim Malang, and (3) Explain the influence oflove attitude on science and interpersonal intelligence to the learning outcomes in social studies class VII in SMP Wahid Hasyim Malang
To answer these objectives, researcher used a quantitative approach with explanatory research, namely research that explains the relationship and influence of several independent variables and dependent variables through testing hypotheses in research. This research took the entire population of class VII in SMP Wahid Hasyim Malang Academic Year 2018/2019 which amounted to 75 as research respondents. Because the entire population is taken as a respondent, the researcher did not require sampling techniques. The instruments used in this research were questionnaires and grades of UTS report cards. To test the hypothesis, the researcher used multiple linear regression analysis.
The results of the research show that (1) the love attitude on science is obtained by the value of tcount (1.142) < ttable (1.993) and the significance level of 0.257 > 0.05, then H0 is accepted and Ha is rejected. That is, the love attitude on science does not have a positive and significant effect on student learning outcomes (2) Interpersonal intelligence obtained a value of tcount (1.171) < ttable (1.993) and a significance level of 0.246 > 0.05, then H0 is accepted and Ha is rejected. That is, interpersonal intelligence does not have a positive and significant effect on student learning outcomes, and (3) Fcount value (3.26) < Ftable (3.12) and significance level of 0.04 < 0.05, Ha is accepted and H0 is rejected. That is, the love attitude on science and interpersonal intelligence have a positive and significant effect on student learning outcomes with a coefficient of determination (R2) of 0.083. This figure showed that the percentage of influence contribution of the two independent variables on student learning outcomes is 8.3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | sikap cinta ilmu; kecerdasan interpersonal; hasil belajar; love attitudes on science; interpersonal intelligence; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 15:32 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 15:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14390 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |