Fitriansyah, Muhammad Nur (2019) Konsep pendidikan humanis Paulo Freire dan relevansinya dengan pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (27MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam tiap masa, isu kemanusiaan senantiasa menjadi pembahasan hangat ditengah zaman yang makin tidak memanusiakan ini. Sebagai upaya menanggapi hal tersebut, muncullah berbagai konsep pendidikan sebagai upaya memanusiakan kembali (humanisasi) “manusia”. Upaya ini telah digeluti beragam tokoh di dunia, salah satunya Paulo Freire dengan konsep pendidikan humanisnya. Di Indonesia, dalam menanggapi hal yang sama, upaya tersebut dilakukan dengan memasukkan unsur-unsur sosial kemanusiaan serta isu-isu kontekstual ke dalam mata pelajaran khusus yang sering kita kenal dengan “Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk; a) memahami konsep pendidikan Humanis menurut Paulo Freire, serta b) mengungkap relevansi antara konsep pendidikan Humanis Paulo Freire dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Penelitian yang dilakukan Penulis untuk mencapai tujuan di atas termasuk dalam model penelitian kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research atau penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian adalah metode dokumenter, yaitu mencari atau mengumpulkan data mengenai hal-hal atau variable penelitian berupa buku-buku karangan Paulo Freire dan konsep Ilmu Pengetahuan Sosial. Kemudian, untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analisys), yakni suatu teknik penelitian untuk menguraikan isi komunikasi yang jelas secara objektif, sistematis dan kuantitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut; a) bagi Freire, pendidikan semestinya menjadi kendaraan revolusioner dalam membantu manusia mencapai kesadaran kritisnya. Dalam konsep pendidikan humanisnya, tujuan akhir yang hendak dicapai adalah pembebasan manusia dari belenggu penindasan yang membuat ia kehilangan nilai kemanusiaannya; b) terdapat relevansi konsep pendidikan humanis Paulo Freire dengan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam beberapa hal menyangkut peran peserta didik, kesadaran individu dan masyarakat, pendidikan berbasis realitas sosial, serta pendidikan dialogis menuju masyarakat demokratis.
ENGLISH:
In each period, the issue of humanity is always a warm discussion in the midst of an era that is increasingly not humanizing this. In an effort to respond to this, various concepts of education emerged as an effort to humanize the "human" back. This effort has been cultivated by various figures in the world, one of them being Paulo Freire with his concept of humanist education. In Indonesia, in response to the same thing, these efforts are carried out by including social humanitarian elements and contextual issues into specific subjects that we often know as "Social Studies".
The purpose of this research is to; a) understand the concept of Humanist education according to Paulo Freire, and b) reveal the relevance of the concept of Humanist Paulo Freire education with Social Sciences Education.
The research conducted by the author to achieve the above objectives is included in the descriptive qualitative research model. The type of research used in this study is Library Research or library research. The method of data collection used in research is the documentary method, which is to find or collect data about things or research variables in the form of books written by Paulo Freire and the concept of Social Sciences. Then, for data analysis, this study uses content analysis, a research technique to describe the contents of communication that are clearly objective, systematic and quantitative.
From the results of the research conducted, conclusions that can be taken are as follows; a) For Freire, education should be a revolutionary vehicle in helping humans reach their critical awareness. In the concept of humanist education, the ultimate goal to be achieved is human liberation from the shackles of oppression which makes it lose its human value; b) there is relevance of the concept of humanist education Paulo Freire with the education of Social Sciences (IPS) in several respects concerning the role of students, individual and community awareness, social reality-based education, and dialogical education towards a democratic society.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | paulo freire; pendidikan humanis; ilmu pengetahuan sosial; paulo freire; humanist education; social studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 15:28 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 15:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14388 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |