Fitria, Mufidatul (2019) Upaya guru IPS dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy'ari Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembentukan karakter tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakna tugas dan tanggung jawabnya, yang seharusnya dilakukan oleh diri sendiri, masyarakat, lingkungan, Negara, dan Tuhan yang Maha Esa. Perilaku bertanggung jawab harus dibentuk sedini mungkin agar dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuatnya. Pembentukan karakter tanggung jawab ini dapat dilakukan melalui pembelajaran di sekolah, salah satunya melalui mata pelajaran IPS.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam merancang program pembelajaran IPS yang mampu membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di MTs Hastim Asy’ari Batu, (2) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran IPS yang mampu membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di MTs Hastim Asy’ari Batu, (3) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam mengevaluasi pembelajaran IPS yang mampu membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di MTs Hastim Asy’ari Batu.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Peran guru IPS kelas VII di MTs Hayim Asy’ari Batu dalam merancang program pembelajaran adalah guru berperan sebagai organisator yakni membuat silabus san RPP yang didalamnya memuat aspek yang dapat membentuk karakter tanggung jawab. (2) Peran guru IPS kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Batu adalah guru sebagai fasilitator dan pembimbing. Guru IPS menggunakan model pembelajaran diskusi dan problem based learning, dimana keduanya adalah pembelajaran berkelompok yang dapat melatih siswa untuk membentuk karakter tanggung jawab. (3) Peran guru IPS kelas VII di MTs HasyimAsy’ari Batu adalah sebagai evaluator dengan cara memberikan penilaian tanggung jawab yang telah dilakukan siswa dalam bentuk tugas kelompok. Namun guru IPS di sini hanya membantu tugas wali kelas saja, karena yang berhak memberikan nilai dalam hasil akhir di raport itu adalah wali kelas. Meskipun hanya membantu tugas wali kelas, tapi guru IPS tetap memiliki peran sebagai evaluator.
ENGLISH:
Forming the character of responsibility is the attitude and behavior of a person to carry out the duties and responsibilities which should be done by oneself, society, environment, State, and God Almighty. Responsible behavior must be established as early as possible in order to be accountable done. Forming the character of this responsibility can be done through learning in schools, one of which is through social studies lesson
The purposes of the research are to: (1) determine the role of social studies teacher in designing social studies learning programs to shape the character of the responsibility of seventh grade students at Islamic Junior High School of Hasyim Asy'ari of Batu, (2) determine the role of social studies teacher in implementing social studies to shape the character of the responsibility of seventh grade students at Islamic Junior High School of Hasyim Asy'ari of Batu, (3) To determine the role of social studies teacher in evaluating social studies learning to shape the character of the responsibility of seventh grade students at Islamic Junior High School of Hasyim Asy'ari of Batu
To achieve the objectives above, it used a qualitative approach with descriptive research type. The key instrument was the researcher, and the data collection techniques used observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing data, presenting data and drawing conclusions.
The results of the research show that, (1) The role of social studies teacher in designing learning programs is that the teacher acts as an organizer in making syllabus and lesson plan which includes aspects that can shape the character of responsibility. (2) The role of social studies teacher is that the teacher as a facilitator and mentor. Social studies teacher uses a learning model of discussion and problem based learning, both of which are group learning which can train students to shape the character of responsibility. (3) The role of social studies teacher is as an evaluator by giving an assessment of the responsibilities that students have made in the form of group assignments. However, social studies teacher only helps with homeroom assignments, because those who have the right to give grades in the final report are the right of the homeroom teacher. Even though, it only helps homeroom assignments, social studies teacher still has a role as evaluator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | guru ips; karakter tanggung jawab; ips teacher; responsibility attitude | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 14:24 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 14:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14379 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |