Maudlu'ah, Urfatul (2018) Implementasi pendekatan Assisted Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik yang beragama Islam dan juga sangat penting untuk peserta didik agar mereka mampu mengetahui, memahami serta mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang didalamnya memuat Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadist, Fiqh, dan Sejarah Islam. Banyaknya materi yang harus disampaikan ke peserta didik terhambat dengan beberapa kendala diantaranya masalah jam pelajaran yang dirasa kurang, pembelajaran yang membosankan, dan juga keadaan siswa di kelas. Masalah-masalah ini dapat berdampak pada hasil belajar sisswa yang rendah. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, SMP Negeri 01 Pujon mengimplementasikan suatu pendekatan assisted learning yang berisi metode-metode yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui langkah-langkah implementasi pendekatan assisted learning pada pembelajaran PAI, (2) Untuk mengetahui bahwa implementasi pendekatan assisted learning pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan assisted learning tertuang dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran dan terdapat pada kegiatan inti yang dilakukan di kelas, (2) implementasi assisted learning di SMP Negeri 01 Pujon (diskusi/ kerja kelompok, presentasi, dan tutoring teman sebaya) mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena secara keseluruhan hasil belajar siswa berada di atas nilai minimal.
ABSTRACT
Islamic Education is one of lesson that must followed by students who Muslim and also very important for student in order to know, to understand, and to do the doctrine of Islamic Religion. Islamic Education is a lesson that including Aqidah Akhlak, Al-qur’an Hadist, Fiqh, and History of Islam. Many contents that must reach to students are blocked by some obstacle like less time for doing lesson, boring learning, and conditions of student in class. This problem can have impact for student low study result. Therefor, Junior High school 01 Pujon implemented an approach that is content with methods that can upgrading the student’s study result.
The objectives of this research are: (1) To know step by step of implementation of assisted learning approach in Islamic Education, (2) To know that implementation of assisted learning approach in Islamic Education can upgrading the student’s study result.
The research method used in this research is descriptive qualitative research method to analyze the data in the form of sentence or word. Techniques of collecting data in the form of observation, interview and documentation. Data were analyzed by data collection, data reduction, data presentation and presentation of conclusions.
The result of the research shows that: (1) step of implementation of assisted learning approach be found in core activity in class, (2) implementation of assisted learning approach in Junior High School 01 Pujon (discussion/ group activity, presentasion, and tutoring) can upgrade the student study result because the student’s result totality on top of minimum value.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | hasil belajar; assisted learning; study result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Jie Yan Kirana Embun Kumala Asih | ||||||
Date Deposited: | 14 May 2019 14:46 | ||||||
Last Modified: | 14 May 2023 19:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13938 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |