Umami, Rizka (2018) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai moral siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110214.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membentuk insan yang berakhlakul karimah pada pribadi siswa. Hal tersebut akan diwujudkan dalam bentuk menanamkan nilai moral kepada siswa. Dalam hal tersebut siswa masih melakukan perilaku buruk kemudian berbagai macam tingkah laku siswa yang kurang baik karena adanya dampak dari globalisasi. Untuk itu perlunya strategi guru pendidikan agama islam sangat berperan penting dalam memperbaiki moral siswa menjadi lebih baik. Berangkat dari hal tersebut peneliti sangat terdorong untuk meneliti lebih lanjut tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Moral Siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai moral siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang, (2) mendiskripsikan hasil penanaman nilai moral oleh guru pendidikan agama islam terhadap siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang, (3) mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai moral siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis. dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan miles dan huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang menggunakan triangulasi berdasarkan teknik dengan observasi dalam lapangan yang didukung dengan pengecekan melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai moral siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang adalah sebagai berikut: a) Guru pendidikan agama islam sebagai panutan uswatun hasanah untuk siswa, b) guru pendidikan agama islam sebagai tauladan untuk siswa, c) guru pendidikan agama islam sebagai pendidik yang menanamkan nilai moral siswa, d) guru pendidikan agama islam sebagai fasilitator untuk siswa dalam menanamkan nilai moral. (2) hasil penanaman nilai moral oleh guru pendidikan agama islam terhadap siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang yaitu a) setiap hari apel pagi membaca do’a, istighosah, dan tahlil, b) siswa bersalaman dengan guru saat masuk di sekolah, c) guru memberikan materi tentang akhlakul karimah sebelum pembelajaran dimulai, d) sholat berjama’ah duha, duhur dan asar.(3) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai moral siswa di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang, faktor pendukung yaitu a) sarana dan prasarana yang cukup memadai,b) lingkungan yang masih berada di dalam pondok pesantren darul ulum, c) semua guru SMK Telekomunikasi darul ulum dan majelis pondok pesantren darul ulum. Faktor penghambatnya yaitu a) ada beberapa siswa yang terlambat saat apel pagi, b) saat pembelajaran masih ada siswa yang bermain laptop.
ENGLISH:
This categorization is effected by the importance of forming a human morality on private students. It will be manifested in the form of instilling moral values to students. In terms of the students still do bad behavior and then an assortment of student behaviour is not good due to the impact of globalization. To that end the need for a strategy of Islamic religious education teachers was very instrumental in improving students morale for the better. Depart from these researchers are very encouraged to research more about the strategy of Islamic religious education teachers In Imparting Moral values students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang.
The purpose of this study is: (1) describe the strategy of Islamic education teachers in imparting moral values students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan, Jombang (2) describe the results of the inculcation of moral values by teachers of religious education the Islamic students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan, Jombang (3) describe factor endowments and a barrier faced by Islamic religious education teachers in imparting moral values students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang.
To achieve the above objectives, this research uses qualitative research methods. As for the approach used was descriptive analysis approach. In collecting the data the researchers used several methods, namely the method of observation, interview and documentation. Data analysis techniques used, miles and huberman with data collection, data presentation, data reduction, and the withdrawal of the conclusion. An examination of the validity of the data using triangulation techniques based on observation in the field are supported by checking through interviews and documentation.
The results showed that (1) the strategy of Islamic religious education teachers in imparting moral values students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang is as follows: a) the teacher of Islamic studies as a good role model to students, b) Islamic religious education teachers as a role model for students, c) Islamic religious education teachers as educators who instill moral values in students, d) Islamic religious education teachers as facilitators for students in instilling moral values. (2) the results of the inculcation of moral values by Islamic religious education teachers against students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan Jombang i.e. a) every day morning roll call the students prayer, istighosah, and tahlil, b) be shaken students with teachers as they arrive at school, c) teacher provide material about noble character before learning begins, d) congregation pray dhuha, dzuhur and ashar. (3) factor endowments and a barrier faced by Islamic religious education teachers in imparting moral values students in SMK Telekomunikasi Darul Ulum Peterongan, Jombang constituents is. a) facilities and infrastructure adequate enough, b) environment being in the Darul Ulum boarding schools, c) all teachers of SMK Telekomunikasi Darul Ulum and Assembly of Darul Ulum boarding schools. Obstacel factor is a) there were a few students who was late when morning roll call, b) when learning there are still students who play laptops.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi Guru pai; nilai moral siswa; islamic education teacher strategy; student moral value | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rofi Andriani | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2019 11:11 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2019 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13935 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |