Ridlo, A'isyatur (2018) Strategi dan partisipasi pengasuh pondok pesantren Al-Barokah Tlogomas Malang dalam mengatasi problematika santri pada kegiatan menghafal Alquran. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menghafal al-Qur’an adalah proses memelihara dan menjaga kemurnian al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an merupakan hal yang tidak mudah, dalam menyelasaikan hafalan 30 juz dibutuhkan waktu yang cukup lama, ketekunan dan kesungguhan, hal tersebut akan sangat sulit dicapai tanpa adanya seseorang yang membimbing. Dalam hal ini partisipasi pengasuh sangat penting bagi para santri yang mengemban ilmu di pondok pesantren, terlebih pada pondok pesantren yang khusus menangani masalah hafalan al-Qur’an karena mereka membutuhkan bimbingan yang ekstra dalam menghafal.
Tujuan penelitian di Pondok Pesantren Al-Barokah Tlogomas Malang adalah: (1) memahami partisipasi pengasuh, (2) memahami problematika yang dialami santri dalam menghafal, (3) memahami strategi dalam mengatasi problematika menghafal al-Qur’an.
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data secara deskriptif yang akan diperoleh melalui pendekatan kualitatif dimana data-data tersebut dapat dihasilkan dari penelitian dan kajian baik secara teoritis maupun empiris.
Hasil penelitian di Pondok pesantren Al-Barokah Tlogomas Malang, menunjukkan yaitu: (1) Partisipasi pengasuh tidak hanya dengan memberikan motivasi dan mentashih hafalan saja, melainkan dalam bentuk konseling yang sangatlah diperlukan untuk memberikan arahan dan solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi santri. (2) Problematika santri dalam menghafal yaitu belum bisa menjadikan al-Qur’an sebagai prioritas utama, terlalu banyak maksiat, tidak sabar, malas dan mudah putus asa, tidak mampu membaca al-Qur’an dengan baik, tidak mampu mengatur waktu, dan tidak Istiqomah Muraja’ah. (3) Setiap santri wajib mengikuti kegiatan yang langsung dipimpin oleh pengasuh yaitu bimbingan al-Qur’an (metode talaqi).
ENGLISH:
Memorizing the Qur'an is the process of maintaining and protecting the purity of the Qur'an. Memorizing the Qur'an is not easy, in completing memorization 30 juz, it takes a long time, perseverance and sincerity, it will be very difficult to achieve it without someone guiding. In this case, the caregiver's participation is very important for the students who carry out knowledge in Islamic boarding schools, especially at the Islamic boarding school which specifically handles the memorization of the Qur'an because they need extra guidance in memorizing.
The research objectives at Al-Barokah Islamic Boarding School in Tlogomas Malang are: (1) understanding the caregiver's participation, (2) understanding the problems experienced by the students in memorizing, (3) understanding the strategies in overcoming the problems of memorizing the Qur'an.
To achieve the objectives above, the researcher used qualitative research methods. The data source in this study uses primary and secondary data sources. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. In this study, the researcher used descriptive data analysis techniques, which will be obtained through a qualitative approach where the data can be generated from research and studies both theoretically and empirically.
The results of the research at Al-Barokah Islamic Boarding School in Tlogomas Malang, showed that: (1) Caregiver participation is not only by providing motivation and memorization but also in the form of counseling that is very necessary to provide direction and solutions in solving problems faced by students. (2) The problem of students in memorizing was that they have not been able to make Al-Quran as the main priority, too many immoral, impatient, lazy and easily discouraged, unable to read Al-Qur’an well, unable to manage time, and not Istiqomah in Muraja'ah. (3) Every student is obliged to take part in activities directly led by caregivers, namely the guidance of the Qur'an (talaqi method).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudirman, Sudirman | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | partisipasi pengasuh; problematika menghafal al-Qur’an; caregiver participation; memorizing problems in the Qur'an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Jie Yan Kirana Embun Kumala Asih | ||||||
Date Deposited: | 09 May 2019 14:19 | ||||||
Last Modified: | 20 May 2019 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13913 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |