Nuruddin, Firdaus (2018) Penerapan strategi bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaing di Warung Kopi Bosque Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16510179.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dunia pemasaran saat ini terus berkembang dan berubah. Warung kopi semakin berkembang di lingkungan masyarakat. Meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap kopi merupakan peluang bagi para pengusaha warung kopi sehingga mendorong berdirinya warung kopi di kota-kota besar. Hal ini menjadi tantangan bagi Warung Kopi Bosque Kota Malang, mengingat banyaknya warung kopi serta persaingan yang semakin ketat antar kompetitor. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan strategi pemasaran yang digunakan oleh Warung Kopi Bosque Kota Malang dengan pendekatan bauran pemasaran (marketing mix). Dari latar belakang itulah penelitian ini dilakukan dengan judul “Penerapan Strategi Bauran Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Warung Kopi Bosque Kota Malang”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di mana tujuannya adalah untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi strategi pemasaran dan penerapan metode 7P (marketing mix). Subyek penelitian ada tiga orang. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data. Data dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dan studi kepustakaan. Analisa datanya melalui empat tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan adalah dengan menawarkan produk atau menu-menu seperti yang ada di kafe namun dengan harga murah seperti di warung-warung kopi. Lokasi strategis karena berada di derah keramaian Jalan Suhat. Menggunakan promosi media sosial Instagram dan memberikan standar pelayanan berkualitas seperti di kafe dengan dilengkapi beberapa fasilitas yang menarik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran di Warung Kopi Bosque Kota Malang sudah tergolong baik, menarik, dan dapat bersaing dengan warung kopi lainnya.
ENGLISH:
Marketing world was currently evolving and changing. Coffee shops are developing around the community. The increasing of public coffee consumption is an opportunity for the coffee shop entrepreneurs to make new coffee shops in big cities. This matter be a challenge for Bosque Coffee Shop in Malang City, considering the number of coffee shops and the increasingly fierce competition among competitors. Focus and purpose of this research is to reveal the marketing strategies used by Bosque Coffee Shop in Malang City with marketing mix approach (marketing mix). From that background this research was done with the title “Marketing Mix Strategies Application In Increasing The Competitive Advantages At Bosque Coffee Shop In Malang City”.
This research is a descriptive qualitative research with the aim is to systematically describe the focus of this research which includes the marketing strategies and the application of 7P method (marketing mix). The subjects of this study are three people. Data analysis aims to make the results of data processing simply. The data collected by doing an interview, observation, and literature study. The data analyzed through four stages: data reduction, data presentation, making conclusion, and triangulation.
The results of these research shows that the marketing mix strategies which applied are by offering the products and various menu like in a café but with coffee shop’s prices. Strategic location because it is in the crowded area of Suhat Street. Used Instagram as a social media to doing promotions also provided the standards quality service such as in a café with several attractive facilities. It can be concluded that, the application of the marketing mix strategy at Bosque Coffee Shop in Malang City has been classified as good, attractive, and can compete with other coffee shops.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Firmansyah, Fani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | bauran pemasaran; keunggulan bersaing | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Nafisah Narita | ||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2019 14:28 | ||||||
Last Modified: | 26 Apr 2019 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13796 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |