Tadzkiro, Nayratut (2018) Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan perpindahan merek sabun Lifebuoy. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14510114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Perpindahan merek merupakan fenomena yang terjadi pada hampir seluruh produk, terutama produk konsumsi sehari-hari. Perilaku perpindahan merek dilakukan seseorang karena mengalami ketidaksesuaian terhadap produk yang dikonsumsi. Perilaku tersebut sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat karena beberapa faktor yang mempengaruhi, biasanya hal kebutuhan yang diutamakan oleh masyarakat umum yaitu kebutuhan mencari variasi, harga, kualitas produk, iklan, dan word of mouth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dan faktor yang menjadi pertimbangan dominan dalam melakukan perpindahan merek sabun mandi Lifebuoy.
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang melakukan perpindahan merek sabun mandi Lifebuoy ke merek sabun mandi lainnya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 105 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis data yang digunakan yaitu analisis faktor dengan bantuan software SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 item yang telah direduksi terbentuk 5 faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan perpindahan merek. Kelima faktor tersebut adalah faktor kualitas produk, faktor iklan, faktor kebutuhan mencari variasi, faktor word of mount dan faktor harga. Sedangkan faktor yang paling dominan yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan perpindahan merek adalah faktor kualitas produk.
ENGLISH:
Brand switching is a phenomenon that occurs in almost all products, especially daily consumption products. Brand switching behavior is carried out by someone because they experience an incompatibility with the product consumed. This behavior has happened a lot among the community because of several influencing factors, usually the needs that are prioritized by the general public, namely the variety seeking, price, product quality, advertising, and word of mouth. This study aims to determine what factors are taken into consideration by consumers and the factors that become the dominant consideration in moving the brand of Lifebuoy bath soap.
The population in this study were active students of the Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang who moved the brand of Lifebuoy bath soap to other brands of bath soap. The sample in this study amounted to 105 people. Data analysis method used is descriptive analysis, and data analysis used is factor analysis with the help of SPSS 16 software.
The results showed that of the 21 items that had been reduced, five factors were taken into consideration by consumers in transferring brands. The five factors are the product quality, advertising, variety, word of mount and price. While the most dominant factor that is considered by consumers in moving brands is the product quality factor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kualitas produk; iklan; kebutuhan mencari variasi; word of mouth; harga; perpindahan merek; product quality; advertising; variety seeking; word of mouth; price; brand switching | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | M. Fairuz Muntaqo | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2019 14:46 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2019 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13785 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |