Zaman, Ahmad Yafi Nurruz (2018) Merancang ulang layout toko menggunakan activity relationship chart pada Toko Pusat Bangunan Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13510171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dunia usaha retail semakin ramai dan tingkat ekonomi yang semakin meningkat di Indonesia menyebabkan semakin banyak pilihan bagi konsumen untuk menentukan tempat belanja yang mereka sukai. Banyak aspek yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di suatu outlet atau retail tertentu. Bisa karena faktor harga, kenyamanan tempat, produk maupun layout produknya perlu dicermati pada faktor tata letak tempat pemajangan produk bisa menjadi pemicu bagi para konsumen, yang awalnya hanya melihat-lihat saja sampai akhirnya memutuskan untuk membeli. Toko Pusat Bangunan Tuban merupakan salah satu retail yang menyediakan produk bahan bangunan, tetapi kurangnya manajemen pada layout toko menimbulkan tanggapan negatif dari para pengunjung sehingga diperlukan perancangan ulang layout toko yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan analisis Activity Relationship Chart (ARC) untuk mengetahui tingkat hubungan antara bagian-bagian yang ada pada Toko Pusat Bangunan Tuban. Hasil dari analisis tersebut digunakan untuk merancang ulang layout alternatif yang lebih baik dengan pertimbangan yang cenderung subyektif yang diperoleh dari wawancara kepada para pengunjung serta keinginan dari pihak manajemen dan diharapkan dapat mengurangi tanggapan negatif dari para pengunjung.
Dari implementasi Activity Relationship Chart (ARC) yang dilakukan menghasilkan layout toko baru yang dianggap lebih baik dengan space area lebih luas bagi pengunjung untuk lebih leluasa, mudah dan nyaman dalam berbelanja. Penempatan produk yang lebih tertata juga memudahkan pramuniaga untuk melayani pengunjung yang sedang berbelanja.
ENGLISH:
The bussiness world increasingly crowded retail and economic levels in Indonesia is causing more and more choices for consumers to determine their preferred shopping spots. Many aspects that influence consumers to shop in an outlet or certain retail store. It could be because of the price factor, leisure places, products or product layout needs to be observed on the layout of the product display place could be a trigger for consumers, which initially only had a look until finally decide to buy. Pusat Bangunan Store Tuban it is one of the retail of building materials supply and household appliances, but because the lack of management on the layout of the store raises negative feedback from visitors so it is necessary to redesign the layout of the store to be better.
This research uses the analysis of Activity Relationship Chart (ARC) to find out the level of relations between the parts of Pusat Bangunan Store Tuban. The result of the analysis used to redesign a better layout alternative with some consideration which tend to be subjective earned from invterview to the visitors as well as the wishes of the management and are expected to reduce the negative response from the visitors.
From the implementation of the Activity Relationship Chart (ARC) generates a new store layouts that are considered better with the wider area of space for visitors to more freely, easy and comfortable shopping. A more elaborate product placement also facilitates and help sales clerk to serve shopping visitors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | activity relationship chart; layout | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Tyas Ayu Evani | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2019 15:54 | ||||||
Last Modified: | 25 Apr 2019 15:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13757 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |